Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Pertama Google Adsense

 


Mati lampu.

Sebenarnya saat ini saya sedang asyik menimati tulisan Mark Manson dalam bukunya yang berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat dan belum ingin memulai menulis untuk mengisi di blog.

Tapi karena listrik padam dan laptop sudah saya hidupkan tepat di depan saya, maka saya putuskan untuk menuliskan cerita ini. Beruntung si batrai masih sekitar 71%, jadi sangat cukup untuk sekedar menulis.

Soal buku yang saya baca mungkin akan saya ceritakan di postingan lain, di tulisan ini saya ingin bercerita tentang Google Adsense.

2017 kalau gak salah ya, adalah awal mula saya mendaftar di Google Adsense dan diterima. Seneng, tentu. Dulu daftarnya pake blog bukan youtobe, dan blog yang tulisannya sedang baca ini juga pernah saya daftarkan tetapi ditolak. Haha

Kalaupun di blog ini ada iklan, itu karena saya kaitkan di akun adsense yang telah diapprove. Jadi satu google adsense bisa untuk dipasang di banyak blog.

Awalnya semangat, tetapi karena memang perjalanan ngeblog tidak semulus yang saya kira akhirnya ya jalan seadanya bahkan hampir tak terurus.

Kemudian di tahun 2018 saya mulai focus juga untuk mengembangkan youtobe. Perjalananan untuk mencapai 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang adalah hal pertama yang wajib dilakukan, lumayan menguras tenaga juga. Karena lagi-lagi, perjalanan tak segampang yang dibayangkan.

Alhamdulillah, saya bersyukur karena perjuangan saya membuahkan hasil. Akhirnya perjuangan menjadi patner youtobe agar bisa menampilkan iklan disetujui.

Dan kasusnya sama seperti blog, setelah sampai titik dimana kita telah mencapai kunci untuk bisa menghasilkan, tantangannya adalah harus rajin upload dan membuat konten. Dan yang wajib jika ingin hasil banyak dari youtobe yang sumbernya dari Adsense maka traffic atau penonton vidionya harus banyak.

Jika yang nonton hanya seratus ya lama gajiannya. Haha Bayangkan, untuk dapatkan satu dollar itu harus ada yang nonton 1.000 orang itupun kadang tidak valid. Contoh, di data statistic darboard youtobe yang nonton 7.000 tapi ternyata hasilnya tidak sampai 7 dollar. Karena memang penghasilan dari youtobe adsense ditentukan dari iklan yang tampil.

Makanya, sekarang banyak yang menggunakan youtobe sebagai media marketing saja. Artinya dapat penghasilan berupa youtobe adsense adalah bonus semata karena pengahsilan tersebsar dari seorang youtobe itu di jualan produk atau dapat endorse dari bisnis owner.

Meski mungkin memang ada yang focus dari adsense, tetapi kalau tidak kuat mental dan malas buat konten mending lupakan saja deh mimpi jadi youtober. Haha

Ini saya sampaikan karena saya mengamalinya sendiri.

Jadi pas di tanggal 12 Januari 2021 ini, pengahsilan saya di Google Adsense baru bisa menyentuh ambang batas minimal pembayaran, yaitu 100 dollar (Rp. 1.300.000,-)

Bayangkan saja, berapa tahun untuk bisa mendapat gaji pertama. Hahaha

Tetapi ya kembali ke yang saya sampaikan tadi, itu tergantung dari Anda. Kalau memang rajin buat konten kemudian konten Anda banyak yang suka ya teruskan saja. Siapa tahun hal ini bisa menjadi jalan rezeki Anda.

Intinya, youtobe itu bisa menjadi sumber penghasilan.

  1. Google Adsense
  2. Jualan Produk Sendiri/Orang Lain
  3. Dari endorese/kerja sama dengan pihak lain

Tapi kalau masih bingung untuk mengarah kesana, saran saya buat saja video kemudian upload. Seiring berjalannya waktu sambal terus belajar nanti ketemu sendiri polanya.

Kalau mau lebih terarah lagi belajarnya, bisa ikut kelas online atau kalau mau gratis, simak saja penjelasan Bang Den Jc di channel youtobenya. Soal youtobe sudah dibahas lengkap banget.

Post a comment for "Gaji Pertama Google Adsense"