Prinsip Membeli

13:38:00
Sumber : Pixabay

Beberapa minggu yang lalu saat Zoom Meeting bersama Alumni TFT KLTC 2017, ada satu poin yang rata-rata dipakai oleh mereka yang paham tentang financial. Salah satunya adalah prinsip dalam membeli sesuatu.

Prinsipnya gimana?

Jadi, ketika mau membeli barang itu hindari dengan cara kredit. Usahakan cash. Hal ini menghindari system bunga yang umum dilakukan saat membeli sesuatu dengan cara cicilan.

Itu, satu. Nah yang kedua adalah membeli sesuatu jika mampu membeli dua. Misal, kita ingin membeli smartphone tapi uang yang kita miliki hanya bisa membeli satu maka itu artinya kita bisa belum mampu untuk membeli. Minimal uang tersedia mampu membeli barang 2 dalam waktu yang sama, maka sudah waktunya kita membeli.

Prinsip yang saya ceritakan di atas itu bukan hanya saya temui ketika Zoom Meting, tapi dari beberapa orang yang saya dengar lewat channel youtobenya juga mengatakan hal sama.

Gimana menurut kamu?

Suka beli barang dengan system kredit atau cash?

Oh ya, sebagai disclamair tentu prinsip ini tidak bisa dipukul rata ya. Ada saat-saat tertentu yang mungkin memang harus melakukan kredit, tapi kalau masih bisa menahan dan bisa cash itu lebih baik.

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »