Corona dan Perkembangan Dakwah Dunia Pesantren

21:22:00
Sumber Gambar : nupinggiran(dot)com


Virus Corona atau Covid-19 tentu kita sepakat bahwa hal ini merupakan musibah besar karena dampak darinya mencapai level Internasional, semua negara terkena imbasnya. Namun dibalik itu ada satu hal yang beberapa hari yang lalu cukup menggelitik untuk menuliskannya, salah satunya adalah perkembangan dakwah dunia pesantren yang semakin mencuat di berbagai media social, diantaranya Youtobe.

Tentu ini menjadi hal yang patut disyukuri, jika dalam dunia jurnalistik sudah ada NU Online, Santri Online, Alif.ID, Bangkit Media dan media-media NU lainnya, maka dalam dunia youtobe tersebab adanya Covid-19 berlebih di bulan Ramadhan ini banyak pesantren yang menyiarkan langsung/live saat pengasuh pondok/kyai membacakan kitab. Sehingga siapapun yang punya kuota atau punya akses internet bisa ngaji di rumah. Atau bagi santri yang dulu pernah ngaji namun banyak yang bolong karena ketiduran bisa sambil nambal.

Selain itu, hal ini bisa membendung pengajian para ustadz yang dalam pengajinnya mudah mengkafirkan atau membid’ah-bid’ahkan amaliyah yang sudah membumi di masyarakat. Dampaknya, saat orang awam punya waktu senggang kemudian ingin memanfaatkan waktunya dengan memilih ngaji di youtobe maka pilihannya banyak. Sehingga pemahaman agama yang diperoleh benar-benar didapat dari para Ulama/Kyai yang ngajinya sudah dari kecil sejak di pesantren.

Sebagai referensi, Anda bisa buka channel Youtobe ini 
  1. Pondok Pesantren Lirboyo
  2. GusMus Channel
  3. Gus Yusuf Channel
  4. Pondok Pesantren Tebuireng
  5. PPTQ Asy’ariyah
  6. Pondok Pesantren As-Sa'idiyyah 2 Tambakberas
  7. NU Channel
  8. Ponpesgasek TV
  9. KH. Marzuki Mustamar Channel
Itu sebagian kecil, selain itu tentu banyak. Sehingga Anda bisa milih mana yang kiranya mau Anda ikuti.

Tabik
Mad Solihin

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »