Welcome 2020

17:54:00
Sumber : pexels(dot)com

Selamat datang tahun 2020. Jika di tahun 2019 banyak hal yang sudah saya capai maka di tahun 2020 mungkin saya akan lebih banyak memaksimalkan apa yang sudah saya pelajari di tahun 2019. Setidaknya pengalaman di tahun 2019 akan menjadi refleksi untuk menentukan mau apa di tahun 2020.

Jika sebelumnya saya banyak berspekulasi atas apa yang saya pelajari semoga bermanfaat, maka tahun ini saya harus bisa memikirkan what the next, goal apa yang akan saya capai setelah mempelajari ilmu ini itu, baik berupa ecourse ataupun seminar.

Contoh, Ilmu tentang Pembuatan Landing Page. Tentu akan sangat mubah jika mempelajari ilmu hanya untuk sekedar tahu tanpa praktek. Karena sejatinya ilmu itu untuk diamalkan bukan hanya simpanan.

Ini pula yang luput.

Tahun 2019 banyak pencapian semisal blog diapprove Google Adsense, Youtobe juga sudah diapprove sehingga bisa monetize. Maka tahun ini tugas saya memaksimalkan itu. Perlengkapan pendukung seperti wifi juga sudah tersedia di rumah. Lalu, mau alasan apalagi?

Nah, ngomong tentang wifi ini juga menajadi media untuk tahun ini saya berencana untuk update tulisan di blog ini. Belajar untuk menulis lagi. Kalau kata teman, blog itu laiknya rumah tempat untuk kembali. Tempat untuk bercerita.

Intinya, 2020 saya harus merencanakan mau apa di tahun ini? Cukuplah 2019 saya membiarkan jalan hidup saya mengalir. Mumpung masih Januari, masih ada waktu untuk membuat perencanaan.

Kamu, apa rencananya di tahun 2020?

Pringamba, 02 Januari 2019

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »