Sosial Media dan Asset Digital

19:06:00


Saat ini kita telah berada pada era dimana sosial media bisa menjadi sumber penghasilan utama ataupun sampingan. Ini pula yang membuat saya menyebut bahwa sosial media yang kita miliki adalah asset digital. Termasuk blog madsolihin.com ini juga bagian dari asset digital.

Baik saya akan mulai bahas dari pengalaman yang pernah saya alami.

Pertama Instagram. Instagram ini kalau kita bisa memanfaatkan bisa lho menjadi media untuk banyak hal, mulai dari membangun personal branding, membuat toko online ataupun membuka jasa endorse dan paid promote.

Personal branding ini kalau kita ingin benar-benar expert di salah satu bidang maka foto-foto yang dibagikan bisa menambah kepercayaan follower sehingga saat membuka kelas baik online maupun offline banyak yang ikut.

Akun online shop ini yang sedang saya jalani. Membuat akun yang khusus untuk jualan dan sampai hari ini masih berjalan. Dan perlu diketahui bahwa online shop sekarang punya potensi besar lho di Indonesia karena sudah banyak orang yang membutuhkan sesuatu larinya ke internet.

Untuk bisa memaksimalkan akun online shop salah satu yang harus kita kuasai adalah ilmu tentang jualan. Jika kamu memang serius dan tertarik dengan dunia penjualan kamu bisa pelajari ilmunya di sini.

Nah instagram yang untuk endorse atau paid promote biasanya kalau follower yang dimilki sudah banyak di angka 10K ke atas. Kebetulan saya sudah pernah melakukan paid promote di akun yang menyediakan jasa paid promote tersebut.

Kesimpulannya, ternyata follower di instagram itu asset yang berharga lho. Tinggal kamu sadar atau tidak. Haha

Kedua, Youtobe. Youtobe ini juga termasuk asset digital apalagi kalau sudah didaftarkan di google adsense dan diapprove. Tinggal tidur pun uang terus ngalir. Namun untuk membangunnya lumayan butuh keseriusan karena harus vidio original, minimal 1000 Subscriber dan 4000 jam tayang dalam waktu 12 bulan terakhir sebagai persyaratan untuk bergabung menjadi patner youtobe.

Nah tadi sebelum saya menyinggung soal youtobe saya sudah menyinggung soal instgram sebagai personal branding. Ini berfungsi jika kita ingin melebarkan sayap ke sosial media lain lebih gampang. Sebagai contoh jika di Instgram sudah punya 10-30K follower maka ketika membuat akun youtobe misal, maka follower yang loyal akan ikut juga menjadi subscriber di youtobe.

Ketiga, Blog atau Website. Bog atau website yang kita miliki juga bisa menjadi asset yang sangat berguna. Bisa menjadi media untuk berbagi, media sharing informasi atau media untuk sekedar cerita yang inspirasi.

Dan sama dengan instagram dan youtobe, blog juga bisa menjadi tabung pemasukan jika tahu caranya. Sebut aja google adsense. Atau bisa juga sebagai media untuk promosi produk yang kita miliki.

Sekian.

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »