Mulai Menulis Lagi

05:55:00

Setiap tulisan akan menemukan jodohnya masing-masing. Jikapun saat ini masih jomblo seperti statusmu yang belum bertemu pembaca, maka saya tak akan merisaukannya. Bagi saya menulis adalah bagian dari proses meditasi. Proses healing alami atas keruwetan pikiran yang telah terisi dengan berjubel teori. Berlebih saya yang tak suka banyak bicara maka menulis adalah media untuk saya mengutarakan apa yang tersimpan di kepala dan memuntahkan segala rasa yang ada di dada.

Laiknya makan dan minum, harus ada proses mengeluarkan dari apa yang telah kita makan dan minum berupa BAB maupun kencing sehingga tercipta keseimbangan dalam tubuh. Sama, menulis bagi saya adalah bagian dari proses untuk menjaga keseimbangan pikiran agar tetap waras. Gagasan yang masuk kita olah yang pada akhirnya kita keluarkan kembali melalui media tulisan.

Soal menulis, kalaupun dulu saya telah berusaha rutin namun gagal, kini saya ingin mencoba lagi. Bagus atau tidak, itu tidak penting. Menjaga agar konsisten itulah yang penting. Dan saya meyakini bahwa selama proses tersebut dijalani, alam semesta akan menunjukan jalannya. Sebagai contoh, kemampuan merangkai kata yang semakin lama semakin cekatan, timbulnya kegersangan atas apa yang akan kita tulis sehingga memaksa kita untuk mau membaca karya orang lain dan lain sebagainya. Perihal membaca, hal ini menjadi wajib karena sejatinya penulis adalah pembaca yang lahap.

Pertanyaannya, “Apakah saya bisa konsisten menulis?”

Doakan, semoga Allah memudahkannya. Aamiin.

Sumber : Pixabay(dot)com
Pringamba, 07 Mei 2019

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »