Solusi Saat Ini : Petakan dan Rumuskan Masalahnya

22:42:00

Sumber : Pixabay.com


Menjadi sekretaris desa ternyata bukan hal yang mudah, meski bukan berarti sulit. Yang jelas ada tanggung jawab lebih dibanding dengan perangkat lain, salah satunya mengkoordinir supaya pemerintahan di desa bisa berjalan lancar. Persis seperti fungsi yang ada dalam peraturan, sebagai koordinator. Hal tersebut merupakan tantangan saat ini yang menjadi PR dan harus saya selesaikan. Apa saja?

Pertama, kondisi kantor yang saat ini belum stabil. Masih ada yang cukup acuh dengan kehadiran, akibatnya timbul rasa kecemburuan antara satu sama lain. Meski hal ini bukan menjadi patokan utama namun setidaknya kehadiran itu lumayan berpengaruh terutama pada suasana kantor. Saya mengamati ada ketidakjelasan tentang apa yang harus dilakukan (untuk tidak mengatakan tidak tahu tugasnya, red).

Kedua, posisi saya sebagai orang baru dengan umur termuda cukup membuat saya iwuh jika ingin menegur. Ini PR kedua yang harus saya atasi. Solusinya, arahkan. Tentu dengan arahan yang jelas, ibarat mengarahkan seseorang untuk jalan ke arah barat maka saya wajib tahu kenapa ia harus berjalan ke barat. Tujuannya harus jelas, tidak mengambang.

Ketiga, bekerja di kantor itu bukan bekerja individu. This is team. Banyak orang dengan berbagai ragam karakter. Maka PR yang harus saya pecahkan adalah mengenali setiap perangkat satu per satu. Bukan hanya sekedar tahu namanya, namun sifat, karakter dan sisi kehidupannya pula sehingga saat ada sesuatu yang kurang pas maka saya bisa memandang dengan kacamata bijaksana.

Terakhir, pesan untuk diri saya sendiri, “Nikmati apa yang ada dihadapanmu. Fokuslah pada solusi bukan masalahnya. Apa yang sekiranya bisa kamu lakukan, lakukanlah. Tak perlu membandingkan tentang apa yang kamu lakukan dengan yang orang lakukan. Mulai petakan dan rumuskan apa yang terbaik untuk mengurai setiap PR yang kamu miliki.”

Tabik
Mad Solihin

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »