Membangun Channel Youtobe

22:27:00


Fenomena youtober saat ini masih menjadi sesuatu yang menjanjikan, katanya. Pasalnya sukses menjadi youtober bisa menjadi salah satu jalan meraup pundi-pundi dolar masuk tanpa harus bersusah payah bekerja kasar, katanya. Asal kreatif, youtobe bisa dijadikan hobi yang dibayar.

Benarkah begitu?

Entahlah. Katanya si memang benar begitu dari cerita para youtober yang berhasil. Namun saya menyimpulkan bahwa butuh kreatif yang tinggi untuk bisa sampai ke sana. Dan itu tidak mudah.

Bagaimana dengan saya?

Begini, satu tahun yang lalu saya cukup kranjingan mengupload vidio. Kurang lebih satu bulan sampai dua bulan. Habis itu kembali ke habitat lama, membiarkan channel youtobe yang saya miliki menjamur dan berlumut tak terjamah.

Baru-baru ini saya mencoba mulai aktif kembali, namun dengan tujuan dan visi yang berbeda. Selain karena alasan pendaftaran blog yang sudah diterima oleh google adsense, statistik vidio yang satu tahun lalu saya upload beberapa diantaranya mendapat viewer yang lumayan. Salah satunya adalah vidio yang membahas tentang “Persyaratandan Cara Membuat Akta Kelahiran” bisa tembus sampai 22 ribu kali ditonton dan banyak pertanyaan di kolom komentar. Vidio tentang “Persyaratan Pernikahan” juga lumayan mendapat viewer 4,3 ribu.

Hal ini membuat saya berpikir ulang bahwa informasi yang saya bagikan lewat vidio memang menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Dari sini saya mulai mencoba membangun ulang niche atau ciri khas dari channel saya miliki adalah tentang “Informasi Desa”. Harapannya bisa membantu mereka yang membutuhkan info seputar administrasi kependudukan tanpa harus langsung datang ke balai desa atau kantor kelurahan. Minimal menjadi satu gambaran tentang apa yang harus disiapkan sekiranya mau mengurus perihal administrasi kependudukan.

Bahasan kedua adalah soal pengembangan diri. Saya memilih topik ini tidak lain karena secara pripsip, saya suka sharing didukung dengan background pelatihan yang pernah saya ikuti ataupun pengalaman yang pernah saya alami sendiri. Selain untuk berbagi, vidio dengan topik pengembangan diri ini juga sebagai bagian dari remember for my self, sehingga kedepan bisa selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

So, apa misi saya tentang channel youtobe yang saya miliki?

Sharing, saving and growing. Berbagi untuk orang lain sebagai bagian dari berkarya, menyimpan vidio yang sekiranya manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain serta media untuk selalu belajar dan bertumbuh.

Vidio lengkap dan SUBSCRIBE - https://www.youtube.com/c/MadSolihinBna

Pringamba, 25 Maret 2019

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »