Menata Ulang Niat

01:21:00
Penyerahan SK Sedretaris Desa (Dokpri)
Awal Januari 2019 tepatnya tanggal 8 saya dilantik menjadi Sekretaris Desa Pringamba. Itu artinya tanggung jawab menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Kalau boleh cerita, saya termasuk orang yang beruntung lantaran satu tahun menjadi kasi pemerintahan di tahun berikutnya bisa naik pada jabatan lebih tinggi. Hal yang saya syukuri adalah pekerjaan ini ada di tempat kelahiran sendiri sehingga saya punya kesempatan untuk dekat dengan orang tua. Meskipun saya sadar bahwa saya belum bisa membantu secara maksimal, tetapi  minimal saya sudah bisa mandiri dan mengurus kebutuhan tanpa harus meminta kepada orang tua.

Sayapun sadar bahwa apa yang saya dapat sekarang tentu tidak pernah lepas dari doa orang tua dan guru-guru saya. Karena merekalah saya bisa seberuntung sekarang. Terima kasih ibu, bapak dan semua orang yang selalu mendoakaan saya. Jazakallah. Semoga kebaikan selalu menyertai kalian. Aamiin.

Berkaitan dengan jabatan baru tersebut, dalam tulisan ini saya ingin mengingatkan diri sendiri bahwa menjadi sekretaris desa atau orang sering menyebutnya “Carik” adalah jabatan untuk melayani. Jabatan untuk membantu warga Desa Pringamba dalam hal administrasi ataupun hal lain yang berhubungan dengan kebaikan desa.

Konsekuensinya, saya harus menerimanya. Sadari bahwa itu menjadi tugas sekaligus wasilah untuk memberikan kemanfaatan kepada orang  lain. Maka apapun yang timbul atas pilihan menjadi sekretaris desa, mau tidak mau saya harus menerimanya.

Melalui tulisan ini saya ingin mencoba menata ulang niat, bahwa jabatan sekretaris desa yang saya emban adalah wasilah untuk melayani. Pekerjaan apapun yang ada merupakan tanggung jawab yang harus saya terima dengan legowo. Tanpa harus mengeluh, merasa iri dengan perangkat  lain terkait budaya kinerja yang belum maksimal. Tugas saya adalah memberikan yang terbaik yang saya bisa. Syukur mampu memberikan warna untuk kebaikan pemerintahan desa.

Harapan saya, apa yang saya lakukan ini bisa menjadi wasilah kebermanfaatan bagi orang lain yang karena hal tersebut semoga menjadi media turunnya kasih sayang Allah kepada saya berupa keberkahan baik dari segi rezeki maupun umur. Aamiin.

Pringamba, 26 Februari 2019

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »