Merasa Tak Berguna? Ini Cara Saya Mengatasinya

07:41:00

Ada satu moment dimana saat itu saya merasa menjadi orang yang tak berguna, idealisme untuk menjadi seperti superhero muncul namun betolak dengan realita. Ada rasa iri kenapa saya tak seproduktif dan sebermanfaat orang lain. Bahkan aktifitas bercengkrama dengan orang lain terasa menjadi hal yang sia-sia. Bagaimana denganmu, apakah pernah merasakannya?  

Tentu saya tak ingin perasaan tersebut berlarut sehingga saat hal itu muncul saya mencoba untuk mengcounter dengan merenung dan mencari tahu apa sebabnya. Maka muncullah insight bahwa perasaan tersebut hadir karena saya tidak mempunyai live maping dan redupnya prinsip yang saya miliki. Pada poin ini saya tidak tahu apa sebenarnya yang saya inginkan sehingga gagasan untuk menyusun daftar Skala Prioritas dan daftar “To do list” sebuah rincian tentang apa saja hal yang harus saya lakukan bisa menjadi solusi. Pasalnya saat hal tersebut berlarut saya akan merendahkan diri melaui self talk negatif.

Bahayakah ini? Tentu.

Saat kita merendahkan diri maka yang muncul hanya perasaan dan pikiran negatif. Akibatnya jelas, kita tidak bisa melakukan sesuatu dengan sempurna. Yang ada hanya klaim saya gak bisa, saya gak becus dan saya saya lain yang cenderung negatif. Padahal jika kita cepat menyadarinya maka kita bisa memperbaiki prinsip yang redup tersebut dengan cepat. Caranya, kita mengontrol pikiran dan perasaan atas apa yang terjadi dengan renspon positif. Karena setiap hal yang terjadi semua bersifat netral sampai kamu memberikannya arti negatif atau positif.

Sumber : Pixabay(dot)com

#DWC30 #DWCJilid16 #Day6 #Squad1
#30DaysChallengeWriting

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »