Konggres, Moment Penentuan Harapan Baru

06:50:00

Sudah beberapa hari ini saya absen menulis. Bukan malas tetapi lebih karena keadaan dimana sejak Jum’at malam sampai Selasa saya berada di Cirebon, tepatnya di pondok Pesantren KHAS Kempek, tabarukkan dalam acara Konggres IPNU IPPNU.

Konggres ini adalah salah satu agenda wajib tiga tahunan dimana disitu terjadi penentuan Ketua Pimpinan Pusat IPNU IPPNU. Pemikiran saya mumpung masih ikut di IPNU, jadi sayang kalau melewatkan moment ini. Selain Konggres ada juga Konferensi Wilayah (Konferwil) untuk pemilihan ketua tingkat provinsi, sedangkan untuk Kabupaten atau Kota namanya Konferensi Cabang (Konfercab) dan untuk tingkatan kecamatan namanya Konferensi Anak Cabang (Konferancab).

Lalu, tidak bisakah saya menulis di sana?

Sulit. Begini ceritanya. Sewaktu di area konggres saya ikut salah satu teman yang menjadi tim sukses salah satu calon ketua. Pada akhirnya saya ikut menjadi salah satu orang yang berdiri di barisannya. Walhasil saya belajar bagaimana dinamika kontestasi pemilihan ketua itu berlangsung. Seru dan asyik ternyata. Hal itu membuat saya sulit meluangkan waktu untuk menulis berlebih batre hp sengaja saya awetkan agar tidak cepat ngedrop dengan mematikan paket data.

Moment ini adalah moment penentuan dimana harapan menjadi tumpuan saat menentukan siapa yang harus dipilih, A atau B. Harapan akan kebaikan dan kemajuan IPNU IPPNU kedepan meski pada kenyataannya ada orang yang berdiri dibalik layar, orang yang mengback-up segala keperluan termasuk ketika terpilih. Orang dibalik layar inilah yang akan menjadi link dalam melakukan kebijakan. Tantangannya, seberapa bijak ketua terpilih dalam memanfaatkan jaringan tersebut. Kekuasaannya hanya untuk orang yang mendukung dan mengabaikan orang yang tidak memilih atau sama adilnya?

Terakhir, Selamat Kepada Rekan Aswandi atas terpilihnya sebagai Ketua PP IPNU 2018-2021 dan Rekanita Nurul Hidayati Ummah atas terpilinya sebagai Ketua PP IPPNU 2018-2021. Semoga amanah dan mampu membawa organisasi menjadi lebih baik lagi.

Logo Konggres IPNU IPPNU
#30DWC #30DWCJilid16 #Day13

Artikel Terkait

Previous
Next Post »