Cintai Apa yang Kamu Lakukan

21:47:00
Sumber : Pixabay(dot)com
Pernah membandingkan pekerjaanmu dengan orang lain? Saat perjalanan pulang misal, melihat montir bengkel motor, penjual bakso dengan gerobak dorong, tukang cuci motor ataupun tukang somay yang menjajakan dengan cara memikul?

Dulu awal-awal bekerja di balai desa saya sempat gelisah, masih selalu mencari peluang di luar yang sekiranya lebih sesuai passion. Akibatnya pikiran menjadi bercabang dan tidak fokus. Bekerjapun masih setengah hati. Baguskah itu? Tentu saja tidak. Bekerja sesuai passion atau menjalankan hobi yang dibayar tentu menjadi impian setiap orang tetapi bukan berarti mengabaikan apa yang sudah didapat dengan cara bekerja asal-asalan.

Ada sebuah ungkapan yang saya dapat dari status istagram teman, Kamil namanya. “Jika engkau tidak mendapatkan apa yang kamu cintai maka cintailah apa yang kamu dapatkan?”

Ungkapan tersebut cukup menyentuh apalagi sebelumnya telah mendengar ceramah dari seorang kyai yang mengatakan bahwa apa yang kita lakukan bisa bernilai ibadah. Apapun itu. Menjadi tukang tambal ban contohnya. Jika dengan menambal ban bocor bisa membuat pemilik sepeda motor kembali bekerja, bukankah menambal ban juga bernilai ibadah. Apakah bermanfaat? Pasti. Saya meyakini hal itu. Berlebih hasil dari pekerjaannya untuk menafkahi keluarga dan membiayai sekolah anaknya. Double manfaatnya.

Prinsip inilah yang mungkin menjadi jawaban atas apa yang saya cari. Who am I? Apa alasan Tuhan menciptakan saya?

Setelah belajar mengamati dan melakukan banyak perenungan ternyata intinya sederhana, bersyukur. Bersyukur atas apa yang kita miliki hari ini, bersyukur atas apa yang kita alami sampai hari ini dan bersyukur atas segala nikmat Tuhan yang tak bisa dinilai. Caranya? Hadirkan cinta dalam setiap hal yang kita lakukan.

Dampaknya luar biasa. Fokus kita akan berubah, bukan pada mencari pekerjaan yang terlihat lebih menguntungkan tetapi pada apa yang bisa kita lakukan untuk menebar manfaat lebih banyak. Sebagai perumpamaan, bekerja menjadi perangkat desa sebenarnya banyak yang bisa saya lakukan, membuat vidio perihal tata cara membuat ktp, akta, kartu keluarga atapun vidio informasi lain yang isinya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Bukankah itu bermanfaat? Pasti.

So, sudahkah kamu mencintai apa yang kamu lakukan?

#30DWC #30DWCJilid16 #Day2
#30DaysChallengeWriting

Sekretaris Desa, Penulis and Self Development

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
12 December 2018 at 16:55 delete

ayo dong bikin ide2 yang lain daripada yang lain agar desa lebih maju mungkin atau pelayanan jadi lebih cepat, memuaskan?

Reply
avatar
Mad Solihin
AUTHOR
12 December 2018 at 21:03 delete

Okee mas siap .. Masih dalam proses. Doakan semoga bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan desa .. He

Reply
avatar