Memulai Bisnis Online

23:53:00
Sumber : Pixabay(dot)com


Sejujurnya saya tak pandai dan tak suka dengan yang namanya menjual. Hanya saja fakta mengenai bisnis adalah tentang jual beli, not money if not selling. Itu artinya saya harus belajar tentang jual beli, titik.

Berawal dari ikut acara Internet Marketer Nahdlatul Ulama (IMNU) di Ponpes Entrepreuner Ar-Ridwan Wonosobo, saya mulai tertarik dengan bisnis online. Ekspetasi awal saat ikut sebenarnya karena berkaitan dengan internet yang salah satunya ada materi tentang blogging, dunia yang selama ini saya minati. Berlanjut dengan materi tentang bisnis online yang memanfaatkan media sosial seperti facebook dan istagram untuk jualan. Hal itulah yang melatarbelakangi saya akhirnya terjun dan belajar lebih dalam tentang bisnis online.

Sebagai awalan saya mencoba menghubungi teman untuk ikut menjajakan barangnya hingga akhirnya menemukan salah satu akun istagram yang membuka lowongan sebagai reseller. Saya hubungi nomor yang ada di bagian description dan mendaftarkan diri untuk jadi reseller. Walhasil, saya membuat toko online di Istagram sesuai dengan penjelasan yang saya dapatkan dari materi di dropshipaja(dot)com.

Apakah langsung berhasil? Tidak. Saya baru mendapatkan pembeli kurang lebih 3 bulan setelah toko online saya buat karena memang waktu itu belum paham mengenai cara mendapatkan atau mendatangkan traffic pengunjung ke toko online yang saya kelola.

Di sela-sela itu, karena ketertarikan pada bisnis online akhirnya membuat saya banyak berselancar untuk mencari-cari informasi hingga ketemulah Akademi BisnisDigital (ABDi).

Saya tonton vidio satu dan duanya yang disediakan GRATIS. Saya pelajari lagi vidionya dan akhirnya saya gabung. Mindset saya dulu saat gabung adalah investasi leher ke atas jauh lebih baik daripada dihabiskan tidak jelas, artinya apa yang berkaitan dengan otak berupa ilmu akan kembali berkali lipat dari nilai yang kita tukarkan untuk gabung. Itu yang mendasari saya kenapa saya beranikan diri untuk bergabung.

Akademi Bisnis Digital, Bisnis Online, Bisnis Digital
Sebagian Materi di Akademi Bisnis Digital (Dikpri)

ABDi inilah yang menjadi titik pertama saya mempelajari dasar-dasar mengenai dunia bisnis online. Mulai dari produk yang ideal untuk dijual, sistem leanding page yang bagus, alur sistem audience dari cold ke warm sampai ke hot audeince, serta bagaimana cara beriklan dengan tarffic gratisan dan paid traffic berupa FB Ads dan Istaram Ads.

Beruntungnya, karena sistem webinarnya memang di desain secara terstruktur mulai dari nol sampai bisa beriklan di FB Ads membuat saya lebih mudah mempelajari saat ada materi lain. Berlebih ilmunya aplikatif, artinya toton dan praktek. Untungnya lagi di ABDi ini sudah disediakan produk bagi orang-orang yang belum mempunyai produk dan ingin memulai bisnis online yang artinya bisa sebagai tambahan penghasilan.

Info lengkap tentang Akademi Bisnis Digital (ABDI) bisa klik disini.

Kenapa Harus Berbisnis?
Karena dengan bisnis penghasilan yang biasanya didapat dalam waktu satu bulan bisa di didapat dalam waktu satu atau tiga hari. Alasan inilah yang pada beberapa waktu terakhir ini menguatkan saya lebih mendalami mengenai bisnis online.

Bayangkan, jika sekali transaksi dapat keuntungan 500 ribu maka hanya dalam 3 hari dapat keuntungan setara gaji 1 bulan. Gila kan?

Andai saya tahu bisnis seasyik ini, saya menyesal kenapa baru memulai. But I know, never late to start. Tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Pringamba, 05 November 2018

No comments:

Powered by Blogger.