WHAT'S NEW?
Loading...

Belajar Otodidak

Sumber : pixabay(dot)com

Merubah template lagi. Entah sudah yang ke berapa kalinya saya mengganti. Yang jelas saat merasa bosan dan melihatnya terasa tak sreg di hati, biasanya saya buru-buru minta bantuan mbah google untuk mencarikan template yang pas. Bongkar pasang menjadi langganan, meskipun dari tulisan yang pernah saya baca hal itu bukanlah hal yang bagus.

Alasan awal sebenarnya karena saya merasa templatenya tidak mobile friendly, jadi ketika dibuka menggunakan smart phone tampilannya biasa. Hal itu membuat saya memutuskan untuk mengganti lagi, berharap akan berubah. Nyatanya, sama saja. Kok bisa ya?

Hingga akhirnya saya menanyakan pada teman sesama blogger. Darinya saya tahu bahwa memang begitu pula yang ia rasakan. Dia menyarankan jika ingin mobile frendly harus edit html di bagian template. Ternyata dia benar, harus di edit terlebih dahulu. Sebagaimana yang saya lakukan sore tadi. Setelah searching cari tutorial dan mempraktekannya, alhamdulillah berhasil. Horee J

Pengalaman di atas mengingatkan saya pada salah satu teman yang pelit ketika dimintai cara dalam dunia per-blogging­-an. Bukan berarti pelit untuk sharing ilmunya, lebih kepada pembelajaran agar tidak manja. Katanya harus bisa otodidak, belajar sendiri karena hal itu akan lebih mengena apalagi jika berhasil. Medianya ya Google, di sana apapun yang kita ingini akan muncul. Termasuk menemukanmu, eh.

Pertanyaannya, kita akan menjadi pencari informasi atau pemberi informasi? Menjadi orang yang menyediakan tulisan atau hanya pencari tulisan?

0 komentar:

Post a Comment