Pesan untuk Diri Sendiri

23:06:00

Hey kamu, selamat ya atas jabatan barumu sebagai Kasi Pemerintahan di Desa Pringamba. Maaf jika baru sempat mengucapkannya. Mungkin selama ini saya terlalu sibuk membandingkan dirimu dengan orang lain yang pada akhirnya membuatmu merasa terpojok. Kamu merasa selalu ada yang kurang sehigga sering kali tak percaya diri. Dan saya sadar, itu konyol dan benar-benar konyol. Padahal kamu punya jalan takdir sendiri, kamu istimewa, kamu unik dan kamu hebat. Selain kekurangan, saya yakin kamu juga punya kelebihan. Atas sikap konyol saya itu, tolong maafkan saya ya?

Sekarang saya yakin bahwa jalan setiap orang itu berbeda, jika hari ini kamu merasa belum bisa berkarya seperti orang lain, percayalah bahwa kamu punya waktunya sendiri. Tugasmu, menemukan waktu itu.

O ya, dalam tulisan ini saya ingin mengingatkan bahwa menjadi perangkat itu mengabdi, maka tatalah niat dengan sebenar-benarnya niat untuk kebaikan, melayani masyarakat dan melakukan sesutau demi kemajuan desa. Karena sebagaimana kamu dengar dari orang-orang yang pernah kamu temui, akan banyak ucapan yang mungkin tak mengenakan, akan ada kondisi dimana kamu mungkin tak menyukainya, maka menata dan meluruskan niat adalah hal pertama yang harus kamu bangun sebagai pondasi sehingga gejolak apapun yang nantinya terjadi, kamu tak akan merisaukannya.

Bukankah mendaftar menjadi perangkat desa adalah atas kemuanmu sendiri? Bukan karena paksaan ataupun keinginan orang lain kan? Maka kamu harus ingat bahwa setiap keputusan selalu ada konsekuensinya, dan konsekuensi itulah yang menjadi tanggung jawabmu. Sebagai pengingat, saya tuliskan kembali sumpah yang pernah kamu ucapkan dihadapan Camat, Danramil, Kapolres, Kepala Desa dan masyarakat serta Allah Swt. pada tanggal 5 Oktober 2017.

Demi Allah saya bersumpah : Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Kepala Seksi Pemerintahan Desa Pringamba, dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. Bahwa saya, akan selalu taat dalam mengamalkan dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Bahwa saya, akan menegakkan kehidupan demokrasi dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, serta segala peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi Desa, Daerah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kenapa saya tuliskan kembali? Karena saya ingin kamu selalu ingat sumpah yang kamu ucapkan, sehigga nantinya akan melakukan pekerjaan secara profesional dan semata-mata karena niat ibadah kepada Allah. Bukankah kamu sendiri yang selalu bilang bahwa kamu ingin menjadi orang yang kehadirannya membawa manfaat untuk orang lain? So, manfaatkanlah pekerjaanmu sebagai sarana dan ladang untuk beribadah dan membawa manfaat untuk orang lain.

Pesan saya, apapun yang terjadi niatkan untuk selalu belajar dan membawa kemajuan Desa Pringamba terkhusus melayani masyarakat yang membutuhkan bantuanmu. Sekali lagi selamat ya. Teruslah berkarya dan jadilah diri sendiri.

Penyerahan SK Kepala Desa (Dok. Desa)
Pringamba, 27 Oktober 2017

3 comments:

  1. Selamat ya mas, semoga menjadi siapapun dan diposisi manapun tak mengubah semangat sebagai pembelajar pada banyak hal. Saat ini, beban tanggungjawab keluarga mungkin belum terasa, maka perbanyaklah bekerja dan berkarya, hingga tanpa sadar telah mengubah sesuatu yang lebih baik. Selamat dan turun bahagia ada perangkat desa seperti mas Solihin.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.