Bintek Pengelola Perpustakaan

10:00:00 Mad Solihin 7 Comments


Materi Hari Ke 3 (Dokpri)
Selasa-Kamis, 25-27 April 2017 bersama dengan 49 guru SD se-Kabupaten Banjarnegara, saya mengikuti acara Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Sekolah Dasar di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISARPUS) Kabupaten Banjarnegara. Acara ini diselenggarakan oleh pengelola perpusda secara rutin setahun sekali sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dalam peningkatan kualiatas SDM (pustakawan, red) yang mumpuni dan profesional.

Bintek ini tentu harapannya bukan hanya sebagai penggugur kewajiban atas agenda rutin tahunan dari perpusda ataupun penggugur kewajiban dari sekolah yang penting ada perwakilan guru yang berangkat, akan tetapi benar-benar terwujudnya optimalisasi peras perpustakaan sekolah sebagai media penanaman minat baca anak didik sejak dini. Ditengah gejala menjamurnya gadget saat ini, peran perpustakaan sangatlah penting. Salah satunya adalah penanaman minat baca sejak dini lantaran anak SD adalah anak yang siap dibentuk menjadi apa saja, tergantung gurunya.

Hanya saja pentingnya peran perpustakaan tersebut belum bisa diimbangi dengan manajemennya yang profesional. Berbagai permasalahan rill di lapangan muncul, mulai dari pengelola perpustakaan yang juga punya peran sebagai guru, penyediaan bahan perpustakaan (buku, red) yang minim, bahkan banyak yang belum memiliki gedung perpustakaan. Melihat realita tersebut, saya hanya berguman pantas saja minat baca orang Indonesia lemah. Belum lagi efek TV yang hampir setiap rumah pasti punya, dampaknya budaya menonton orang Indonesia lebih tinggi daripada membaca. Miris.

Step by step. Perlahan, itulah yang kini sedang dilakukan oleh pemerintah. Bentuk nyatanya adalah bintek ini. Karena kebanyakan background pendidikan pengelolanya bukanlah pustakawan, maka pelatihan ini menjadi hal yang wajib untuk menunjang keprofesionalan dalam mengelola perpustakaan.
Beberapa materi dalam pelatihan tersebut adalah :
1. Klasifikasi dan Katalogisasi oleh Ibu Dyah Nugraheni, S.S (Selasa)
2.  Manajement Perpustakaan, Pengadaan Bahan Pustaka dan Pengantar Perpustakaan Sekolah oleh Ibu Nur Chayati, S.Sos (Rabu)
3. Inventarisasi dan Perlengkapan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan dan Pengenalan Otomatisasi Perpustakaan oleh Bapak Nugroho Sismartanto, S.Sos (Kamis)

Diakhir acara sebelum penutupan, dipilih tiga peserta terbaik. Dan saya salah satunya. Entah bagaimana penilaiannya yang jelas saya bersyukur dapat hadiah buku gratis. J Lumayan untuk tambahan koleksi.

Pringamba, 30 April 2017

Mad Solihin

You Might Also Like

7 comments:

  1. asiiik. dapet buku gratis.

    eh tapi yg penting menurut sy sih tindak lanjut paska bintek itu.

    tentang bagemana membuat perpustakaan menjadi lebih hidup lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu masalahnya, ada benturan antara idealisme dan realisme ... Semoga saja bisa mengaplikasikan ilmunya dan ikut menyumbang untuk kemajuan pendidikan anak Indonesia ... Hehe

      Delete
  2. Keren ya acaranya..
    Perlu jane guru juga ikutan bintek kayak gitu loh.. biar bisa nularin ke murid2nya.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg ikut juga guru semua ... Yg secara khusus pustakawan kayknya cuma beberapa lho 😁

      Kalau mau datang saja ke perpus, boleh kok ikut belajar di sna, seminggu misalnya 😁

      Delete
  3. dapat buku berapa dan apa saja?

    ReplyDelete