Masuk SD Lagi

11:10:00 AM Mad Solihin 2 Comments



Sumber : ikelas (dot) com
Awal tahun 2017 dan awal masuk semester II tepatnya Hari Selasa, 3 Januari saya masuk ke SDN 1 Pringamba lagi. Berbeda dengan yang dulu, jika pada tahun 2000 saya masuk sebagai seorang siswa dengan wajah polos, diantar oleh sang ibu dan menangis ketika akan ditinggal sehingga mau tidak mau ibu harus menanti sampai saya selesai sekolah, maka kali ini saya masuk dengan status sebagai Guru Pendidikan Agama Islam. Rasanya tak pernah terbayang sewaktu menjadi siswa akan kembali dengan menjadi guru. Jika dulu saya datang untuk menimba ilmu, maka sekarang saya datang untuk berbagi ilmu. Berganti peran laiknya perputaran siklus kehidupan. 

Dan hari ini menjadi sejarah awal saya untuk meniti karir. Masa transisi sudah terlewati, setidaknya masa dimana saya berdiri di persimpangan jalan telah berlalu karena sudah menemukan arah kemana saya harus menuju. Seberapa lama saya bertahan dan benarkah menjadi guru adalah final sebagai persinggahan atas pencarian tempat saya berlabuh? Entahlah, yang jelas dimana pun saya berada semoga bisa menjadi pribadi yang membawa kemanfaatan untuk orang lain. Dan semoga saja ini juga menjadi awal yang baik untuk menata masa depan yang lebih baik. 

Yang pasti masuknya saya di SD bisa menjadi senjata untuk menjawab pertanyaan horor “Sudah bekerja dimana?” #Hahaha. Keresahan atas status “ketidakpastian” -untuk tidak menyebut pengangguran- juga sudah terobati. Setidaknya para tetangga tidak akan mencibir, “Itu lho sarjana nganggur” #Hahaha. Dan semoga saja bisa menginspirasi sekaligus merubah mindset masyarakat bahwa “pendidikan itu penting”.

Ada rasa kepuasan tersendiri bisa masuk dunia kerja atas usaha sendiri. Jika dulu pernah masuk sebagai penyuluh dan agen asuransi atas rekomendasi dari orang lain, maka masuk ke SD menjadi pengalaman pertama yang membuat hati merasa lega. Apalagi ketika di dalam Rapat Kerja (Raker) Bapak Marjono selaku Kepala Sekolah menyambut dengan baik kedatangan saya, pun dengan guru-guru yang lain. Ada Pak Darto, Pak Margo, Pak Kuat, Pak Nijan, Bu Susi, Bu Heni dan Bu Karyati. 

Saya pun berharap bahwa kehadiran saya bisa mewarnai suasana di SD. Bisa menjadi inspirasi dan motivasi agar para siswa selalu ingin lanjut sekolah pasca SD selesai. 

Pringamba, 4 Januari 2017 01:40 WIB
Mad Solihin

You Might Also Like

2 comments:

  1. selamat atas kembalinya ke SD yang dulu membuat njenengan bisa jadi orang saat sekarang ini, tetap semangat : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shiip ... Semoga bisa memberi warna dan menginspirasi muridnya ya :D

      Delete