Menikmati Keindahan Sunrise di Bukit Sikunir

5:24:00 PM Mad Solihin 0 Comments


Sunrise Sikunir (Foto: Latif)
Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini merupakan salah satu tempat wisata di kawasan dataran tinggi Dieng yang selalu ramai oleh pengunjung. Apalagi hari libur, kita harus extra sabar untuk bisa naik ke puncak karena antriannya sangat padat. So, jika ingin naik datanglah lebih pagi sekitar jam 04.00

Jum’at, 19 Agustus 2016 saya berkesempatan melihat keindahan ciptaan Tuhan yang sering dicari oleh para pendaki, sunrise. Selain itu saya juga berkesempatan untuk melihat keindahan negeri diatas awan yang sangat menawan. Pokoknya, mata kita serasa dimanjakan oleh pemandangan yang begitu menawan. Serius.

Ini adalah kunjungan ke tiga saya ke Sikunir. Jika yang pertama dengan teman-teman BEM FITK UNSIQ  sewaktu masih menjadi mahasiswa, yang kedua dengan teman-teman ipnu ippnu korda Banyumas dan Kedu sewaktu kegiatan SKB di Tieng, maka yang ketiga adalah kunjungan bersama dengan teman-teman ipnu Ranting Bakal, Batur Banjarnegara. 

Rencana berkunjung ke Bukit Sikunir ini sebenarnya tanpa rencana yang matang. Sewaktu mau tidur ada yang nyeplos untuk naik ke Puncak Sikunir besok pagi dan diamini oleh teman-teman yang lain. Jadilah rencana dadakan itu terealisasi.

Bersama dengan Latif, Fuad dan Hanif (kalau gak salah karena agak lupa namanya, he), kami berangkat ke Bukit Sikunir pukul 04.00 pagi. Sekitar dua puluh menit perjalanan dari Desa Bakal sampai Desa Sembungan, tangan saya terasa beku. Pasalnya saya tak memakai koas tangan karena memang tak ada persiapan sama sekali hanya berbekal kemauan. Untunglah saya memakai koas kaki meskipun tidak bersepatu sehingga rasa dingin bisa teratasi.

Sebelum naik ke Bukit Sikunir saya menyempatkan diri untuk shalat subuh terlebih dahulu karena kebetulan sampai tempat parkir sudah masuk waktu shalat subuh. Bagi yang datang lebih pagi, jangan khawatir karena di puncak pertama Sikunir ada tempat untuk shalat yang disediakan oleh pengelola Wisata Sikunir. So, biar bisa lebih santai dan tidak ketinggalan moment sunrise lebih baik nait terlebih dahulu.
.
Bukit Sikunir yang berada di ketinggian 2.263 MPDL diatas permukaan laut ini tergolong ringan. Hanya butuh waktu sekitar 20-30 menit untuk sampai puncak sehingga bagi yang ingin merasakan keindahan sunrise secara langsung, Puncak Sikunir sangat cocok deh. Bahkan saat mendaki terakhir saya mendengar ada tangisan bayi di antara kerumuan pendaki lho. 
.
Untuk karcis masuk kita hanya mengelurkan uang sebesar Rp. 10.000/orang ditambah Rp. 5000 untuk parkir motor. Murah bukan? 
.
Saya pun bersyukur karena langit sedang bersahabat sehingga saya bisa menyaksikan keindahan sunrise dan mengabadikannya. Pasalnya, di kunjungan pertama langit mendung dan tertutup kabut sehingga matahari tak terlihat dengan jelas. 
.
Maka nikamat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?











Sumber Foto : Dokumen Pribadi
Banjarnegara, 4 September 2016

You Might Also Like

0 comments: