Bakat dan Skillmu, Identitas Dirimu

23:30:00 Mad Solihin 0 Comments

 ( Ilustrasi : Mad Solihin )
“Asah bakatmu dan latih skillmu sehingga menjadi identitas dirimu.”

Kemarin sewaktu saya sedang bersantai di Gedung PCNU, Mas Ibnu wartawan dari Suara Merdeka menelfon. Awalnya, tidak terjawab ketika miscall karena hp saya silent sehingga saya pun mengirim sms kepadanya menanyakan ada apa? Tak lama setelah itu Mas Ibnu langsung menelfon lagi.

Diawali dengan pertanyaan basa-basi tentang kabar dan kesibukan, baru setelah itu ia mengutarakan maksudnya. Katanya ada seseorang yang mau membuat majalah sekolah namun karena kekurangan penulis dan sudah lama tidak terbit sehingga ia meminta bantuan Mas Ibnu. Hanya saja kesibukan Mas Ibnu sebagai wartawan Suara Merdeka dan mengelola percetakan membuatnya tidak bisa membantu dan merekomendasikan saya kepadanya.

Ada satu alasan kenapa Mas Ibnu merekomendasikan saya, salah satunya adalah karena beberapa kali saya mengirimkan tulisan press release kegiatan kepadanya. Jika dipahami maka di sini ada hukum sebab akibat. Hukum menanam dan menunai. Dari proses mengirim tulisan itulah akhirnya Mas Ibnu paham dengan saya.

Mengenai skill kepenulisan yang saya miliki tentu ini tidak saya dapat melalui proses instan tetapi ada proses panjang yang saya lalui sehingga bisa menjelma sebagai identitas diri. Sederhananya, ketika seseorang membutuhkan orang yang pandai menulis maka nama saya ada dalam daftar tersebut. Hehe Laiknya seseorang yang membutuhkan supir untuk menyupir mobilnya ketika mau berpergian maka muncullah daftar nama-nama orang yang bisa menyupir sehingga dipilihlah salah satunya. 

Itulah perumpamaan yang saya maksud tentang skill yang menjadi identitas diri. Maka latih dan kembangkanlah secara terus menerus bakat dan skill yang kamu miliki sehingga menjelma menjadi identitas dirimu. 

So, apa bakat dan skill yang kamu miliki??

Pringamba-Banjarnegara, 27 Agustus 2016
Ditulis kembali dengan sedikit penambahan pada 8 September 2016

You Might Also Like

0 comments: