Yuk, Jadi Orang Tua Shalih! Sebelum Meminta Anak Shalih

11:57:00 Mad Solihin 0 Comments

Yuk, Jadi Orang Tua Shalih! Sebelum Meminta Anak Shalih, Buku Parenting, Cara Mendidik Anak
Sumber : Dokpri

Orangtua biasa, memberi tahu ...
Orangtua baik, menjelaskan ...
Orangtua bijak, meneladani ...
Orangtua cerdas, menginspirasi ...

Yuk, Jadi Orang Tua Shalih! Sebelum Meminta Anak Shalih adalah buku tentang cara menddidik seorang anak (Parenting). Sebuah buku panduan yang berisi kiat memperlakukan seorang anak dan bagaimana cara menjadi orang tua yang baik. Seperti terlihat dalam judul, bahwa orang tau harus menjadi shalih terlebih dahulu sebelum menginginkan anaknya shalih. Laiknya falsafah cermin. Menjadi orang tua bagaikan cermin untuk anak kita. Apa pun yang kita lakukan atau ucapkan akan memantul kepada anak kita.
Membaca buku karangan Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari ini, saya menjadi menerawang jauh ke belakang, ke masa kecil saya dulu. Masa dimana orang tua saya tak pernah mendapat pengetahuan bagaimana cara mendidik seorang anak. Mungkin mereka juga tidak tahu bahwa ternyata banyak kecerdasaan selain kognitif yang saya miliki. Namun, bagaimana saya bisa mengembangkan jika tak ada yang membimbing. Seperti kebanyakan masyarakat desa lainnya yang hanya lulusan SD atau paling tinggi SMP, saya mengiyakan pendapat Abah Ihsan (sebutan akrab untuk pengarang buku ini)) bahwa mereka membesarkan saya dengan cara trial and error. Menerapkan cara lama tentang apa yang sudah dipelajari dulu dari orang tuanya ataupun berkat pengalaman mendidik kakak saya.
Tetapi bagaimana pun cara mereka mendidik saya yang mungkin jauh dari ideal, saya selalu bangga mempunyai ibu dan ayah yang hebat seperti mereka. Terima kasih untuk semua kebaikan yang kalian berikan. Doakan semoga saya bisa selalu berbakti kepada kalian. Karena untuk membalas, saya tak mungkin bisa.
Buku ini mengajak kita untuk menjadi orang tua yang baik dan orang tua yang shalih. Menurut Munif Chatib, ada segitiga emas yang terangkum dalam buku ini. Pertama, masalah “paradigma” tentang siapa sebenarnya anak kita. Buku ini menjelaskan perkembangan anak kita sesuai dengan usia tumbuh kembangnya. Kedua, membuat “cara” praktis bagaimana menyelsaikan masalah dengan anak. Ketiga, menjaga  komitmen untu selalu sabar dalam menjadi orang tua yang baik. (Pengantar oleh Munif Chatib, Hal 17)
Ada 6 bab dalam buku ini. Pertama, Yuk Jadi Orang Tua Shalih! Di bab ini penulis menjelaskan tentang 7 langkah menuju perubahan. Kedua, Karunia Belajar: Ayah-Bunda, Belajarlah Bagiaman Anak Belajar. Di sini kita akan dibawa kedalam pengenalan dunia seorang anak, tentang perkembangan fisik, mental, sosial dan emosi. Serta pengenalan bagaimana kita memperlakukan anak usia 0-1 tahun, usia batita (bawah tiga tahun), usia balita (bawah lima tahun), usia Sekolah Dasar dan usia remaja. Ketiga, Karnia Konsistensi: “Tidak” Berarti “Tidak”. Di bab ini kita akan diajarkan bagaimana orang tua menyikapi sebuah aturan, bahwa tidak berarti tidak. Konsisten terhadap sebuah aturan.
Keempat, Karnia Kiblat: Kita Menuju Arah yang Kita Fokuskan. Di bab ini kita diajak untuk fokus pada hal-hal yang bersifat positif bukan yang negatif. Fokus pada perilaku baik bukan perilaku buruk. Fokus pada kelebihan bukan kekurangan. Fokus pada solusi bukan masalah. Fokus pada hasil yang ingin dicapai bukan pada penyebab kegagalan.
Kelima, Karunia Mendengarkan: Telinga yang Terbiasa Mendengar hingga Tak Lagi Mendengar. Di bab ini kita diajak untuk bisa mendengarkan anak kita. Menjadi orang tua yang bersama anak bukan dekat dengan anak. Keenam, Karunia Al-Shaffat: Inspirasi dan Komunikasi Efektif. Di bab ini kita diajak untuk menjadi kan komunikasi menjadi sarana untuk mendidik mereka. Menjadi sarana agar anak benar-benar merasakan kehadiran kita.
Selain isinya yang bagus, buku ini mempunyai kelebihan dalam hal penulisan dan penjelasan. Membaca kita buku ini, mata kita akan dimanjakan dengan variasasi tulisan yang tidak monoton. Perpaduan warna hijau pada setiap Judul Bab atau pun Sub Bab dan jarak spasi antar baris tulisan membuat buku ini enak dibaca. Penulisan ilustrasi sebagai contoh dalam setiap penjelasan membuat pembaca mudah memahami gagasan yang ingin disampaikan oleh penulis.
Bagi orang tua maupun seseorang yang akan segera membangun rumah tangga, buku ini cocok menjadi rujukan agar nantinya setelah mempunyai anak, sudah tahu bagaimana cara mendidik mereka sehingga tidak terjebak pada trial and error dan pengulangan zaman pendikan jadul sebagiamana orang tua mendidik kita dulu.
Judul Buku          : Yuk, Jadi Orang Tua Shalih! Sebelum Meminta Anak Shalih
Penulis                                 : Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari
Penerbit              : Mizania
Tahun Terbit      : 2013
Tebal Buku          : 174 Halaman
Rumah, 17 Agustus 2016

You Might Also Like

0 comments: