Ramadhan Ke 9 : Acuh

23:45:00 Mad Solihin 0 Comments


Ingin rasanya tidak ikut kegiatan sama sekali, acuh. Tidak peduli dan memilih menenangkan diri di rumah. Hanya saja sekuat apapun saya berusaha tetap saja terpikirkan apalagi Gus Kholis sering menghubungi agar saya ikut dalam kegiatan tarhim. Ada rasa tidak enak jika menolak lagi berlebih karena walau mungkin hanya sebagai pelengkap, kehadiran saya cukup diperhitungkan. Meskipun tanpa saya ikut tarhim juga masih bisa jalan, tetapi masalahnya bukan penting atau tidak penting, bukan berpengaruh atau tidak berpengaruh, melainkan karena tim tarhim 5 kebanyakan orangnya sudah sepuh (tua) sehingga tidak memungkinkan mengikuti tarhim.

Pengalaman sewaktu tarhim di Kecamatan Pandanarum hanya 4 orang dan jika tidak ada saya dan Eman maka hanya dua orang yaitu Gus Kholis dan Pak Syukur. Walaupun mampu, tetapi rasanya tak elok dipandang. Masa sekelas pengurus cabang yang datang hanya dua orang, kan wagu. Itulah kira-kira salah satu alasan kenapa saya tidak bisa acuh. 

Hal yang sama juga saya rasakan dengan IPNU, ingin rasanya tidak memikirkan untuk beberapa waktu dan fokus pada skripsi. Namun tetap saja terpikir. Bayangan konfercab dan kevakuman dari beberapa pac yang sudah terbentuk terkadang membuat lemes. Ada rasa tanggung jawab yang belum tuntas. Dan haruskan saya bersifat acuh? Tentu saja tidak.

Acuh. Tidak peduli pada keadaan sekitar. Masa bodoh. Tak ada orang yang hati dan pikirannya masih sehat tidak mempunyai rasa peduli. Bedanya rasa peduli itu cakupannya sebatas pada lingkup yang masih kecil atau sudah luas. Perbedaan ini pula yang membuat gerakan hidup berbeda, lebih sholih secara individu atau bahkan sholih secara sosial juga. Lebih banyak melakukan sesuatu yang manfaatnya lebih banyak dirasakan sendiri atau memilih melakukan sesuatu yang manfaatnya juga dirasakan oleh banyak orang. 

*Tulisan ini adalah tembusan sebagai pengganti atas komitment untuk membuat satu tulisan perhari di bulan Ramadhan #OneDay_OneArticle.
Pringamba, 1 Juni 2016

You Might Also Like

0 comments: