Ramadhan Ke 27 : Menulis Itu Latihan Bukan Bakat

00:31:00 Mad Solihin 0 Comments

Sambutan Pembukaan oleh Wabup Banjarnegara (Dokpri)

“Tidak ada orang yang terlahir dengan bakat menulis. Menulis itu latihan. Kalaupun bakat itu hanya 1 % selebihnya adalah latihan. Asalkan mau membaca pasti bisa menulis.” (Drs. Hadi Supeno, M.Si.)

Itulah salah satu pesan yang saya tangkap dari sambutan Wakil Bupati Banjarnegara Drs. Hadi Supeno, M.Si. dalam acara pembukaan Gerakan Santri Menulis Serasehan Jurnalistik 2016 di Ponpes Miftahussholihin, Selasa (14/6) yang diadakan oleh Suara Merdeka. Kata-kata itu tentu bukan hanya sebagai pemanis belaka tetapi benar-benar sudah ada pembuktian karena beliau termasuk salah satu mantan wartawan senior, bahkan tulisannya sering terbit dalam surat kabar sewaktu masih menjadi mahasiswa di Jogja.

Sama halnya dengan mengendarai sepeda motor. Ketika tidak berlatih dengan praktek secara langsung maka mustahil keinginan untuk bisa mengendarai sepeda motor dapat terwujud. Seperti itu pula perumpamaan dalam hal tulis menulis. Jika kamu ingin bisa menulis maka tidak ada cara lain selain dengan memulai menulis. Menulis menulis dan menulis. Apa yang ditulis? Apapun, yang penting menulis. Baik dan tidaknya tulisan akan muncul dengan seringnya menulis sebagaimana halnya kelincahan dalam mengendarai sepeda motor akan dapat diraih seiring dengan seringnya mengendarai sepeda motor.

You Might Also Like

0 comments: