Ramadhan Ke 26 : Netbuk Nge-Heng

08:18:00 Mad Solihin 0 Comments


Tadi malam netbuk saya Nge-Heng, setelah dihidupkan selang beberapa detik tombol kayboard tidak ada yang berfungsi hanya menyisakan kursor mouse. Awalnya saya mengira hanya berlangsung sebentar namun ketika ditunggu cukup lama tetap saja Nge-Heng, tidak berfungsi. Saya mencoba mematikan kemudian menghidupkan lagi sampai lebih dari tiga kali, namun tetap saja hasilnya sama “Nge-Heng”. 

Pikiran saya langsung tertuju pada skripsi yang belum selesai. File nya yang tersimpan di netbuk, soal bagaimana saya mengerjakan jika netbuknya eror dan banyak hal yang saya gantungkan pengerjaannya dengan netbuk. Pun dengan perbaikan, saya sudah merancang untuk membawanya ke tempat Mas Arvin. Niatnya sekalian instal ulang. 

Tak berfungsi. Tetap Nge-Heng. Itulah kesimpulan setelah saya mencoba berulang kali menghidupkan dan mematikannya. Maka niat untuk membuat tulisanpun tertunda dan membiarkan netbuk istirahat dulu. Angan saya semoga besok pagi sudah normal kembali. 

Pagi ini saya mencoba menghidupkan netbuk mengecek apakah masih Nge-Heng atau tidak. Ternyata masih sama, setelah dihidupkan tombol keyboard tidak ada yang berfungsi hanya menyisakan kursor mouse. Sama dengan tadi malam, saya mencoba menghidupkan dan mematikannya berulang kali hingga terpikir kenapa setelah dihidupkan harus menekan tombol “Enter”. Karena merasa ada yang kurang beres saya pun mencoba untuk menghidupkan kemudian mematikan dengan cara “Shut down”. Saat saya hidupkan kembali, netbuk sudah langsung aktif tanpa harus menekan tombol enter laiknya netbuk yang mati sendiri. Saya coba sampai tiga kali sebelum akhirnya saya benar-benar mengfungsikan untuk membuka file atau pun membuka Ms. Word. Alhamdulillah, netbuknya normal kembali.

Kejadian ini membuat saya menyadari bahwa penggunaan netbuk sesuai aturan ternyata sangat berpengaruh kepada kelangsungan hidupnya si netbuk. Proses mematikan langsung dengan mencabut kabel charger (karena batrai netbuk sudah eror dan harus di cas kalau memakai, sekali dilepas langsung mati) dan mengabaikan sesuai aturan “Shut down” ternyata berimbas pada tidak berfungsinya tombol keyboard yang menyebabkan netbuk saya “Nge-Heng”. 

Harus extra hati-hati biar netbuk gak rewel. Masih ada skripsi yang belum selesai dan proses berlatih menulis yang medianya adalah netbuk. Kesimpulannya, gunakan sesuatu sesuai aturan jika tidak ingin cepat rusak dan kecewa.

Pringamba, 1 Juni 2016 07:01

You Might Also Like

0 comments: