Kenapa Ingin Jadi Blogger ?

10:46:00 PM Mad Solihin 6 Comments

Beberapa hari kemarin ketika berselancar di facebook entah awalnya dari mana saya nyasar dan tertarik dengan sebuah tautan tentang komunitas Bloger Semut. Ketika saya membaca tentang seluk beluknya tentang visi misi lengkap dengan filosofi kenapa memilih nama semut maka sayapun tertarik. Namun waktu itu saya hanya meninggalkan jejak di kolam komentar, “Wah sangat inspiratif mas …. Semoga bisa ikut gabung dan belajar lebih dalam ttg dunia blogging J”.

Malam ini ketika saya sedang bersantai sambil menikmati kopi, saya membuka lagi facebook milik mas Sandi Iswahyudi dan mengirim pesan di inbox sesuai dengan syarat yang tertulis ketika ingin bergabung di Blogger Semut. Tak menunggu lama, pesan balasan pun saya terima. Ketika saya bertanya mengenai perihal syarat, maka mas Sandi pun mengirim link tulisan yang sebenarnya sudah saya baca. Tetapi untuk meyakinkan dan memastikan bahwa saya mau gabung, maka saya pun mengirim pesan lewat inbox. Dan sebagaimana tertera di tulisan yang link nya mas Sandi kirimkan, saya harus menulis alasan kenapa saya ingin Jadi Blogger.
Alasan Kenapa Saya Ingin Jadi Blogger
Otak ku bukan lah komputer yang bisa menyimpan berbagai informasi dengan durasi yang begitu lama. Fitrah sebagai seorang manusia, Tuhan pun menganugrahkan sifat lupa. Maka untuk menyiasai hal tersebut, tulisan menjadi salah satu alternatif yang saya gunakan. Tulisanpun saya rasa tidak cukup kalau hanya di simpan di netbook. Kenapa ? Ketika netbook bermasalah, seperti rusak atau hilang maka raib pula semua tulisan yang pernah saya buat.

Blog adalah salah satu media yang saya rasa pas untuk mengatasi permasalahan di atas. Selain menyimpan tulisan, jika suatu saat kita mau membuka kembali tulisan yang pernah kita buat maka kita pun mudah menemukannya. Tentu membacanya juga lebih enak daripada membaca di Ms. Word. Satu lagi, dimanapun yang penting ada koneksi dengan internet kita bisa dengan mudah mengaksesnya. Bayangkan jika hanya di netbook, maka untuk membacanya pun terbatas. Ya kita harus membuka netbook, ya kalau di bawa kalau tidak ..?

Alasan lain kenapa saya ngeblog adalah karena saya merasa memiliki passion di bidang tulis menulis dan punya impian untuk menjadi seorang penulis. Dan syarat mutlak untuk menjadi seorang penulis ya menulis, menulis dan menulis. Selain didukung dengan faktor lain seperti membaca. Sehingga blog menjadi alasan untuk menjembatani saya meraih mimpi saya, Penulis.

Mengabadikan moment. Ada saat-saat dimana kita berada dalam kondisi bahagia, sedih atau mungkin mengalami kegagalan ataupun keberhasilan dalam suatu hal. Moment tersebut tentu akan berlalu karena kehidupan selalu berputar laiknya sebuah roda. Maka, untuk mengabadikan moment tersebut salah satunya adalah dengan tulisan. Beberapa tahun kemudian, mungkin akan menjadi pelajaran berharga dan bisa jadi membuat kita tersenyum ketika mengingatnya kembali.
Mimpi dan Harapan Saya Ketika Jadi Blogger
Apa mimpi dan harapan saya ketika jadi Blogger? Saya ingin jadi penulis. Saya ingin bisa berkarya sebagaimana lecutan semangat yang pernah Pramoedya Ananta Toer katakan, “Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama dia tidak menulis maka dia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadaian”.

Ya, menulis adalah bekerja untuk keabadaian. Menulis adalah berkarya untuk kita bisa dikenang. Setidaknya tulisan akan membuktikan bahwa kita pernah ada. Membuktikan bahwa selama kita hidup ada hal yang bisa kita lakukan untuk orang lain.

Ingin berbagi. Ada hadits yang mengatakan bahwa, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia yang lain”. Maka ketika saya tak bisa membantu orang lain dengan harta, setidaknya saya mempunyai tulisan yang mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain. Laiknya misi dari Komunitas Blogger Semut, menyebarkan virus positif. Harapannya ketika banyak kontent yang positif maka pengguna internet atau lebih luasnya masyarakat Indonesia akan tersetrum oleh aliran positif tersebut sehingga mereka pun akan melakukan hal-hal yang positif.
Apa Isi Blog Saya
Apa isi blog yang saya miliki ..? Sebagaimana saya singgung diatas bahwa salah satu alasan kenapa saya ngeblog adalah untuk mengabadikan moment, maka blog yang saya miliki adalah tulisan hasil pengalaman dan sesuatu yang dalam kaca mata saya layak untuk di posting. Karena saya yakin bahwa dibalik setiap tulisan yang kita buat ada nilai-nilai yang terselip. Itu yang nantinya bisa membuat para pembaca terinspirasi dan bisa berubah menjadi lebih baik.

Selain itu, dalam beberapa kesempatan membaca buku ada hal-hal yang menarik dan kita rasa penting. Nah, hal yang menarik dan penting tersebut kan sayang jika terlewat begitu saja. Salah satu solusinya adalah menuliskannya dalam bentuk review. Iya kalau buku yang kita baca miliki kita, kalau buku tersebut hasil pinjeman kan susah.

Mas Sandi, mungkin itu beberapa alasan, mimpi, harapan dan apa isi blog yang saya miliki. Tertulis, syaratnya minimal menulis 500 kata. Saya kira ini sudah lebih dari 500 lho .. Hehe

Semoga bisa bergabung di Komunitas Blogger Semut untuk bisa menimba ilmu, bersinergi dan tentunya bisa berbagi untuk orang lain. Bersinergi untuk menyebarkan virus positif sehingga akan berdampat positif pula untuk generasi muda Indonesia J
Banjarnegara, 11 Januari 2015 22:36 WIB

You Might Also Like

6 comments:

  1. mantap, mari berbagi virus positif mas. senang ketika bertemu dengan seseorang yang tertarik untuk ngeblog dan berbagi virus positif. Semoga dengan komunitas kecil ini kita bisa saling menguatkan untuk menghadirkan konten2 positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... Terima kasih mas sudah berkunjung ke rumah sederhana ini.
      Semoga bisa bersinergi untuk membangun generasi yang baik melalui tulisan.
      Mohon bimbingannya mas :)

      Delete
  2. Selamat datang sahabat ... Senang kalau nantinya bisa berbagi tentang segala hal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bisa saling menyemangati untuk keseksesan kedepannya .. :)

      Delete
  3. Salam kenal Mas, moga dengan niat ini dan aktivitas blog yang bermanfaat akan mengantarkan menjadi penulis sebagaimana yang diinginkan Catatan Unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... Terima kasih mba' Mulya telah berkunjung .. Salam Kenal juga :)

      Delete