Game Untuk Mengetahui Kepribadian Seseorang

10:51:00 PM Mad Solihin 0 Comments

Apakah kamu Suka Bergadang ?
Hari teraakhir kegiatan Indonesian Youth Dream adalah Outbond. Kegiaatan yang begitu mengasyikan dan berisi nilai-nilai tentang pentingnya kerja sama.  Sebelumnya semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Yang mana setiap kelompok harus membuat yel-yel. Dan disini awal sebuah proses kreatifitas sangat diperlukan. Kecepatan untuk mencari ide dan tentunya sesaui dengan tema yang ada. Mengenai nama kelompok, ini sudah ditentukan panitia lewat kertas undian yang dibagi ke semua peserta. Kertas tersebutlah yang berisi nama kelompok serta menjadi kunci untuk mencari anggota lain yang namanya sesuai. Jenggo, demikian lah nama kelompok kami.

Proses outbond adalah proses dimana kecerian menjadi ciri khasnya. Karena beberapa hari sebelumnya selalu di ruangan. Membosankan, saya pribadi tidak merasakan hal itu karena selain mendapt ilmu baru saya merasa beruntung berada ditengah-tengah pemuda hebat se Nusantara. Suasana ruangan yang begitu hidup bahkan untuk bertanya pun harus lomba siapa cepat dia yang dapat. Pokoknya seru deh.

Nah, dalam tulisan ini saya ingin mereview tentang materi outbont di pos terakhir. Apa namanya? Entahlah saya lupa. Yang jelas intinya adalah untuk mengecek kepribadian seseorang baik itu sendiri maupun orang lain.
______________
Pertanyaan :
a.    Apa kamu suka bergadang?
b.    Apa kamu suka makan mie instan?
c.    Apa kamu mahir bermain catur?
d.    Apa kamu bisa berbicara dengan bahasa daerahmu dengan baik?
e.    Apa kamu bisa memanjat pohon?
f.     Apa kamu suka minum susu?
g.    Apa kamu mudah marah?
h.    Apa kamu pernah pergi ke luar negeri?
i.      Apa kamu mempunyai saudara kembar?
j.      Apa kamu pernah bekerja/ mencari nafkah sendiri?
Form TTD 
Game Kepribadian
Sistemnya adalah cari satu nama teman kamu dan satu teman Cuma boleh mengisi satu kolom saja. Kemudian harus mencari yang jawabannya “iya”.

No: diisi dengan nama pertanyaan (tulis poinnya misal pertanyaan A. Apa kamu suka bergadang? “Tulis saja A”) Nama : di isi dengan nama teman kamu TTD :Temanmu yang sudah mengisi disuruh untuk tanda tangan.

Awalnya kami pun berlomba-lomba untuk mengisi yang sebanyak-banyaknya. Hanya saja ketika di penghujung waktu yang ditentukan oleh fasilitor habis, kertas yang tadi kami tulis pun dikumpulkan. Di cek siapa yang menjawab pertanyaanmu.

Setelah selesai, Dreamer Ahmad menjelaskan bahwa permain tersebut salah satunya adalah untuk memberikan gambaran tentang kepribadian kita dan orang lain. Artinya kita tahu siapa kita dan kitapun tahu siapa mereka. Apa hobinya, apa kebiasaannya, apa sifatnya dst.
Mengenal Kepribadian, Pentingkah Hal Tersebut?
Tentu hal tersebut sangatlah penting. Kenapa? Karena dari situ kita bisa meningkatkan bakat apa yang kita miliki dan memperbaiki apa yang belum maksimal dalam diri kita. Sebagai salah satu cara untuk bercermin dan intropeksi diri.

Sudah tahukah kalian apa kelemahan dan kelebihan kalian? Jika belum, pertanyaan diatas mungkin bisa membantu. Untuk pertanyaan itu bisa kalain kembangkan sendiri sekreatif kalian J

Demikian, semoga bermanfaat.

#IYDCamp2015
#BeraniBerMIMPIBesar


Banjarnegara, 19 Januari 2016 22:39 WIB

You Might Also Like

0 comments: