Know Your Self !

01:05:00 Mad Solihin 0 Comments

Foto : Dokpri
Jum’at malam (20/11) seusai istirahat tepatnya ba’da isya, kami  para delegasi Indonesian Youth Dream Camp 2015 memulai forum Sessision II dangan tema Know Your Self. Kenali dirimu ! Ya, kenalilah dirimu kerana dengan kenal siapa diri kita maka kitapun jelas kemana dan apa yang harus kita lakukan. 

Setidaknya ada beberapa manfaat yang akan kita peroleh ketika kita mengenal diri kita, diantaranya adalah :
(1) Mengetahui apa sesesungguhnya yang kita butuhkan dalam hidup ini (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kita (3) Memanfaatkan pengetahun tentang diri kita untuk menetapkan tujuan dan meraih cita-cita (4) Mengetahui mengapa kita gagal dan dan sukses dalam suatu hal (5) Merencanakan masa depan lebih terarah
Who am I ?
Itulah pertanyaan pertama yang dilontarkan oleh Ibu Rizka Adhiyani Helmi, M.Psi. selaku pemateri dalam session ini. Siapa saya ?
“I’am the Winner”.
Manusia adalah mahluk unik dan istimewa karena ia mempunyai akal pikiran. Dan inilah yang membedakan dengan mahluk lain. Kemudian dalam konteks manusia terlahir kedunia, maka mereka semua adalah “The Winner” seorang pemenang. Tentang hal ini tentu kita semua sudah paham bahwa untuk bisa menembus sel telur (ovum), ribuan sperma berebut hingga yang terkuat dari merekalah yang dapat menembusnya. Bukankah sperma tersebut merupakan pemenang?

Berbicara masalah kepribadian, ada lima aspek yang dapat kita ambil untuk mengetahuinya :
(1) Pysical. Yaitu secara fisik seperti hidung mancung atau tidak, anggota tubuh sempurna atau tidak dsb.
(2) Pschological/Emotion.
(3) Sosial
(4) Cognitiv/Intellectual
(5) Spiritual/Relegion Bealive

Kemudian dalam hal mengenal diri, Bu Ryzka menyebutkan empat metode, Yaitu : Intropeksi Diri, Membuka Diri, Umpan Balik dan Tes Psikologi.


Dalam hal intropeksi diri ini kita harus jujur kepada diri kita sendiri. Apa kelebihan dan kekurangan kita? Pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan ini cukup menarik. Pasalnya sebelum membahas ini, Bu Ryzka mengawali dengan bertanya kepada delegasi untuk menyebutkan 5 kelebihan dan kekuranganya. Karena tanpa persiapan dan hanya diberi waktu durasi 10 detik, jawaban yang keluarpun sekenanya. Ketika di rinci satu persatu ternyata jawabannya gak nyambung.

Sebutkan 5 kekurangan dan kelebihanmu kawan dalam waktu satu menit?

Sudah mencoba? Kalau sudah maka dari kelebihan dan kekurangan itulah yang kita jadikan kekutan dan perbaikan diri. Misal, kekurangan kita adalah pelupa maka yang dibutuhkan adalah catatan dsb.

Selain kekurangan dan kelebihan, kita juga dituntut untuk merinci, Apa yang dibutuhkan? Dan bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan bersifat terbatas dan untuk bertahan hidup sedangkan keinginan bersifat tidak terbatas dengan tujuan untuk kenyamanan hidup.

Bagaimana kah kepribadian kita?
Mengenai kepribadian, Bu Ryzka menjelaskan dengan teori Jendela Joe-Harry (Joe Left & Harry Ingham).


Keterangan Gambar :
Tahu                : Orang lain tahu, kita juga tahu
Buta                 : Orang lain tahu, kita tidak tahu
Tertutup          : Orang lain tidak tahu, kita tahu
Gelap               : Orang lain tidak tahu, kita juga tidak tahu

Setelah kita mengatahui kepribadian kita berada pada posisi yang mana, maka yang harus kita lakukan adalah dengan cara Membuka Diri atau kita memberikan informasi kepada orang lain. Misal, ketika kita berada pada posisi Tertutup, maka kita lah yang aktiv memberikan informasi tentang diri kita kepada orang lain. 
Setelah Membuka Diri, yang harus kita lakukan adalah melakukan Umpan Balik. Yaitu ketika kita berada pada posisi Buta, kita meminta masukan dari orang lain. Bertanya tentang diri kita. 


Nah, yang terakhir adalah dengan Tes Psikologi. Ini dilakukan ketika kita berada pada posisi Gelap, yang mana kita tidak bisa mengetahui kepribadian kita dan orang lain pun tidak mengetahuinya. Kemana kita harus tes psikologi ..? Tentunya kepada ahlinya donk. 

Ket : Foto diambil dari Slide Power Point saat Bu Rizka menyampaikan materi. 

You Might Also Like

0 comments: