Harapan di Tahun 2016

1:42:00 PM Mad Solihin 0 Comments

Adakah yang istimewa dengan tahun baru ?
Bagi saya tahun baru adalah peristiwa biasa, tidak ada yang istimewa di dalamnya. Hanya sekedar pengulangan nama dan angka bulan saja. Pengulangan waktu? Bukan. Karena waktu tak pernah bisa terulang. Itu dalam pemikiran saya, entah dengan kalian. Saya yakin punya pandangan sendiri-sendiri dalam memaknainya.

Besok malam adalah malam tahun baru, artinya tahun 2015 akan berakhir dan bulan Desember pun akan berganti dengan Januari.

Tahun 2015, banyak cerita di tahun ini. Ya, banyak sekali cerita. Tentang perjuangan, tentang persahabatan, tentang memahami waktu, tentang komunikasi, tentang masa-masa penuh kegiatan dan tak lupa juga tentang cinta. Di tahun ini aku memahami tentang arti organisasi yang membawa saya untuk berpikir maju dan tidak egois. Meski kadang muncul pertanyaan, “Kenapa susah-susah mengurus orang lain. Mengurus diri sendiri saja belum bisa?”

Kalau saya memaknai bahwa organisasi itu bukan untuk mereka yang sudah sempurna, organisasi apapun. Karena di dalam organisasi sejatinya seseorang sedang belajar. Bagi seorang pemimpin, mereka belajar untuk mendengarkan anggotanya, memanusiakan manusia, menghargai pedapat orang lain, ngemong agar bisa satu pemahaman dan belajar untuk membuat keputusan. Bagi anggota, mereka juga sedang belajar untuk menjadi insan yang kritis, belajar menyampiakan usulan, belajar menikmati proses dan belajar untuk bisa berjalan bersama dengan seorang pemimpin.

“Kenapa susah-susah mengurus orang lain. Mengurus diri sendiri saja belum bisa?”
Jika menunggu sempurna, kapan kita akan sempurna ? Apa ukuran sempurna bagi kita ? Jika kita terlalu banyak menunggu, maka kita pun hanya menghabiskan waktu terbiang sia-sia. Iya kalau umur kita sampai, kalau tidak? Sia-sia donk proses menunggu yang kita lakukan. Karena mati, ia tidak akan bisa di tunda bahkan dimajukan pun tak bisa.

Organisasi itu salah satu bengkel kehidupan. Disana kita akan tahu apa kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Sehingga diharapkan ketika kita keluar dari bengkel tersebut, kita sudah siap untuk bersaing dengan siapapun.

#Temanya tahun baru kok bahasnya organisasi ya ..? Heehe

Sekarang pukul 00:27 WIB. Artinya satu hari lagi bulan Desember berganti Januari, atau orang lebih familier dengan ungkapan “Tahun Baru”. Desember, sebentar lagi berlalu.

Di bulan ini saya banyak ide yang menuntut untuk segera saya tuliskan. Hanya saja karena keengganan atau sebut saja “malas” cukup kuat menyelimuti. Sibuk ! Akh ... sibuk saya rasa semua orang pun sibuk hanya saja sering kata “sibuk” menjadi kambing hitam atas ketidak bisaan kita dalam membagi waktu. Atau ketidak bisaan kita untuk menyempatkan waktu walau hanya sebentar. Dan ujung-ujungnya “sibuk” lagi-lagi menjadi alasan.
Tahun 2016
Hanya tinggal menungu jam, maka tahun 2015 berlalu berganti dengan tahun baru 2016. Waktu berlalu meninggalkan kenangan dan waktu yang akan datang memunculkan sebuah harapan dan impian.

Dulu saya pernah bermimpi untuk berkumpul dengan orang-orang hebat, maka di tahun 2015 ini mimpi itu menjadi nyata. Proses menjadi ketua IPNU mengantarkan saya untuk berkenalan dengan banyak orang dan tokoh masyarakat maupun pemerintah. Saya pun tertular energi positif dari proses itu, komunikasi horizonatal dan vertikal, komunikasi intern ataupun extern. Proses di BEM FITK UNSIQ maupun HMP PAI FITK UNSIQ juga mengajari saya banyak hal.

Indonesian Youth Dream Camp 2015. Ini adalah event kepemudaan skala nasional pertama yang saya ikuti dan membuat saya sangat berkesan. Pasalnya disini saya bertemu dengan pemuda perwakilan daerah dari seluruh Indonesia yang kebanyakan dari mereka adalah orang yang aktif sehingga ketika sesi tanya jawab seusai pemeteri menyampaikan materinya, yang mengacungkan jari untuk bertanya membuat moderator bingung untuk menentukan siapa yang bertanya. #saking banyaknya . Hee

Sering saya membatin, meskipun saya belum bisa mengelili seluruh Indonesia setidaknya saya sudah bertemu dengan orang-orang dari seluruh Indonesia.

Sebenarnya banyak mimpi yang saya dapat di tahun 2015, hanya saja karena tak saya tuliskan maka hanya momoent diataslah yang saya kira sangat berkesan.

Harapan baru. Baiklah di tahun 2016 ini agar nantinya saya bisa mengecek tercapai atau tidak harapan saya dengan mudah, dan sebagai bukti bahwa dengan adanya doa dan usaha tidak ada yang tidak mungkin, maka akan saya tuliskan harapan saya di tahun 2016.

1)            Wisuda tepat waktu
2)            Belajar bahasa Inggris di Pare-Pare Kediri
3)            Menjadi wartawan
4)            Menjadi penulis hebat dan inspiratif (Bisa membuat 100 cepern/1 novel)
5)            Menerbitkan minimal 1 buku (apapun)
6)            Ikut acara FIM
7)            Konferensi IPNU IPPNU sukses dan banyak muncul kader pengganti
8)            Mendirikan komunitas “Jendela Dunia” (Fokus pada dunia membaca dan tulis menulis)
9)            Bisa traveling menikmati keindahan alam Indonesia
10)        Bisa traveling ke luar negeri
11)        Aktif di IYD dan bisa maksimal
12)        Menjadi motivator
13)        Mempunyai penghasilan sendiri

Tentu banyak harapan yang muncul di dalam diri ini, namun sementara itu dulu yang saya tuliskan. Tiada lain adalah sebagai penyemangat diri sendiri. Kenapa ..? Karena semangat yang muncul dari dalam diri sendiri itu lebih tahan lama daripada semangat yang muncul dari orang lain, baik itu berupa ceramah motivasi, kata-kata mutiara, quote indah dan lain sebagainya.

Dan saya meyakini bahwa orang yang mempunyai tujuan, maka ia akan sampai pada tempat yang ia tuju meskipun berjalan kaki. Tetapi, meskipun dengan kereta api, sepeda motor, mobil bahkan pesawat terbang ketika tidak memunyai tujuan ia pun tidak akan pernah sampai tujuan walau beribu pulau telah terjelajahi.

Terakhir, semoga Allah memudahkan apa yang telah saya keluhkan. Karena “tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya”. And I’m very believe it.


Pringamba, 31 Desember 2015 01:22 WIB

You Might Also Like

0 comments: