Menaklukan Media, Berbagi Pengalaman Menulis Opini & Resensi Buku

18:37:00 Mad Solihin 0 Comments

Foto : Dokpri
Di indonesia, tradisi lisan masih sangat kuat dibandingkan dengan tradisi menulis. Jangankan sampai bisa menembus media massa, untuk membuat makalah saja banyak mahasiswa yang mengandalkan browsing di internet. Pelesetan Sarjana Pendownlod an Internet kiranya ada benarnya, ini bisa dibuktikan dari sarjana lulusan Perguruan Tinggi yang keilmuannya tidak jelas menakala telah mengantongi gelar Sarjana (pendapat subyektif penulis).

Tentu dari sekian banyak mahasiswa, ada yang memang konsen dan serius untuk mengembangkan keilmuannya terutama dalam hal menulis. Tak cukup disitu, usaha untuk bisa menembus media massa juga salah satu hal yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun mereka yang memang mempunyai hobby menulis.

Buku Menaklukan Media, Berbagi Pengalaman Menulis Opini & Resensi Buku karya Andi Andrianto saya kira cocok untuk dijadikan referensi bagai siapapun yang tulisannya ingin terbit di media massa. Buku setebal 184 hal ini berisi pengalaman Andi Andrianto selama bergulat dalam dunia tulis menulis. Ia membagi isi buku tersebut dalam 4 bab, terdiri dari Melawan Kemalasan Menulis (Bab I), Menulis Itu Mengasyikan (Bab II), Menulis Artikel (Opini) dan Resensi Buku (Bab II) dan Epilog (Bab VI).

Melalui 4 bab itulah penulis memaparkan tentang dunia tulis menulis dalam bahasanya yang enak untuk dibaca. Tentang tips dan trik bagaimana cara agar tulisan bisa menembus media serta dilampiri beberapa contoh tulisan penulis yang telah diterbitkan oleh Media Massa (koran) baik itu Artikel maupun Resensi Buku.

Selain itu, dalam buku tersebut juga terdapat alamat beberapa media massa jika kita ingin mengirimkan tulisan baik itu artikel maupun resensi buku sekaligus rincian honor apabila tulisan kita terbit.
Next time, semoga saya bisa mengikuti jejaknya.

Buku               : Menaklukan Media, Berbagi Pengalaman Menulis Opini & Resensi Buku
Penulis             : Andi Andrianto
Penerbit          : Percetakan PT Gramedia, Jakarta
Edisi                 : 2011
Tebal               : 184 Halaman

Catatan :
Perbedaan antara artikel adan opini adalah opini lebih bersifat subjektif (pandangan pribadi penulis lebih ditonjolkan). Sedangkan artikel, meskipun jenis tulisan ini juga bersifat subjektif dari penulisnya tetapi harus menyajikan unsur data dan fakta secara detail. (Hal 51)
Untuk resensi buku jangan yang dua tahun lalu terbit. Biasanya, maksimal enam bulan dari waktu buku tersebut terbit.

Banjarnegara, 6 Nopermber 2015

You Might Also Like

0 comments: