#1 Pentingnya Pendidikan Akhlak

13:11:00 Mad Solihin 0 Comments

Beberapa hal kenapa akhlak sangat penting  adalah seorang anak wajib mempunyai akhlak yang terpuji mulai sejak kecil supaya di cintai ketika sudah besar. Diridhoi oleh Allah, keluarga dan semua orang. Begitupun dengan akhlak tercela, seorang anak harus dibiasakan menjauhinya sejak masih kecil supaya tidak dibenci oleh orang lain, tidak diridhoi oleh Allah, keluarga dan sesama manusia.
Contoh kisah :
Ada seorang anak kecil bernama ahmad. Ia adalah anak yang beradab sehingga ayahnya sangat mencintainya. Ia sangat suka mengajukan pertanyaan ketika ia belum memahami sesuatu.
Pada suatu hari, ia bersama dengan ayahnya membersihkan kebun. Disana ia melihat pohon yang indah tetapi bengkok. Maka ahmadpun bertanya : “Alangkah indahnya pohon ini. Tetapi kenapa pohon ini bengkok ayah?”.
Ayahnya menjawab : “Karena susungguhnya pohon yang ada di kebun ini tangkainya tidak terbentuk lurus sejak kecilnya. Maka jadilah ia bengkok.”
Ahmad berkata : “Mari kita luruskan tangkainya sekarang.”
Ayahnyapun tersenyum dan berkata : “Itu tidak bisa terjadi wahai anakku. Karena pohon ini sudah besar dan sudah kuat tangkainya.”.
Begitupuun dengan seorang anak. Apabila tidak mempunyai adab ketika kecil, maka tidak mungkin ia akan beradab ketika sudah besar.

You Might Also Like

0 comments: