Pendidikan Seperti Sistem Bank

12:35:00 Mad Solihin 0 Comments

Berbicara masalah pendidikan, dalam pengamatan saya di beberapa sekolah masih sama seperti yang saya rasakan dulu. Kita datang, menjalani rutinitas yang sama setiap hari, mencatat, menunggu guru menerangkan materi pelajaran, sistem ceramah yang membosankan dan yang cukup ironis adalah sekolah itu sebagaimana istilah Paulo Freire seperti sistem Bank, yaitu proses mengajar murid dengan memberlakukannya seolah-olah sebagai bank yng secara pasif menerima apa saja yang dimasukan orang ke dalamnya.

Bukankah ini memprihatinkan ..? Mereka menunggu materi di sampaikan yang artinya ketika guru berhalangan mengajar maka mereka tak dapat apa-apa. Mereka cenderung pasif layaknya anak bayi yang menunggu ibunya untuk menyuapi.


Dalam situasi seperti inilah peran guru sangat menentukan. Karena siswa cenderung pasif maka seorang guru harus mencari metode yang bisa membangkitkan keaktifan sisawa. Jika seorang guru juga mewarisi tradisi lama yang hanya mengandalkan diktat atau buku paket kemudian menyuruh siswa-siswanya mencatat, maka sampai lulus seorang siswapun akan cenderung menjadi orang yang pasif. 

Wonosobo, 20 Agustus 2015

You Might Also Like

0 comments: