Negeri Sapati

9:54:00 AM Mad Solihin 0 Comments

Sumber : Dok. Pribadi
Hari ini selesai juga Novel yang berjudul “Negeri Sapati” saya baca. Novel karya Laode M. Insan ini saya pinjam dari Perpusda Wonosobo senin lalu. Sehingga jika di htung, saya membutuhkan waktu 5 hari untuk menyelesaikan novel setebal 360 halaman tersebut. Waktu yang cukup lama untuk orang yang katanya hobi membaca. Tetapi tak apalah daripada tidak pernah membaca sama sekali.

Dalam pengamatan saya, novel ini bercerita tentang persahabatan. Kisah beberapa anak kecil yang terdiri dari Dayan, Odi, Poci dan Surman. Keempat serangkai inilah yang menggambarkan tentang tingginya nilai persahabatan. Dari mereka berempatlah, penulis memasukan pesan-pesan kehidupan, terutama sosok Surman, sosok yang selau optimis, pantang menyerah dan mempunyai jiwa entrepreneurship yang tinggi. Sangat cocok untuk bacaan anak muda.

Agak tersindir sebenarnya ketika membacanya. Bagaimana tidak, sampai hari ini saya belum bisa mandiri dan masih mengandalkan orang tua sebagai penopang kebutuhan. Berbeda jauh dengan sosok Surman yang sedari kecil telah terlatih hidup mandiri dengan bekerja di pelelangan ikan. Apalagi setelah ayahnya meninggal, ia harus menanggung beban keluarga untuk mencukupi kebutuhan ibu dan adiknya. Selang beberapa bulan setelah ibunya menjadi gila yang akhirnya meninggal, ia dan adiknyapun harus hidup sebagai yatim piatu. Sungguh mengharukan.

Dalam membaca novel Negeri Sapati ini, saya larut ke dalam alur cerita seolah saya ikut menjadi tokoh yang ada dalam novel tersebut. Beberapa kali saya terpecut semangatnya ketika melihat sosok Surman dan teman-temannya begitu giat dalam bekerja. Hanyut dalam suasana sedih bahkan ikut mengeluarkan air mata haru ketika pada bagian yang mengharukan, seperti ketika pengusiran keluarga Surman oleh rentenir bernama La Mesake, ketika tahu bahwa Bu Sarnia adalah putri dari La Mesake yang mencari rumah baru pembelian ayahnya yang ternyata adalah rumahnya dsb. Ataupun ikut tertawa ketika ada beberapa peristiwa yang di alami oleh ke empat sahabat tersebut.

Banyak nilai yang bisa di ambil dari novel ini tentang kerja keras, semangat, persahabatan dan kejujuran. Selain itu, novel ini juga bercerita tentang keindahan alam Pulau Buton. Tentang terumbu karang dan berbagai keindahan laut lainaya yang di tulis dengan gaya bahasa sederhana tetapi enak dibaca.

Novel yang Inspiratif. Tinggal cari sekuel lanjutannya Mas Laode M. Insan.

Judul Buku     : Negeri Sapati
Penulis             : Laode M. Insan
Penerbit         : Best Practice
Tahun Terbit  : 2012
Tebal               : 360 Halaman


Kretek Wonosbo, 28 Agustus 2015

You Might Also Like

0 comments: