Ramadhan Telah Berlalu

12:35:00 AM Mad Solihin 0 Comments

Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin 

Tak terasa Ramadhan telah berakhir. Bulan yang penuh dengan rahmat dan maghfiroh telah berlalu. Ah, haruskah aku merasa sedih. Entahlah, harusnya si begitu tetapi bagaimana aku bersedih jika akupun tak pernah merasa memiliki bulan yang benuh berkah ini. Aku terlalu sibuk dengan dunia dan hatiku semakin keras sehingga akupun merasa biasa-biasa saja.

Waktu maghrib beberapa saat yang lalu telah menandai masuknya bulan syawal. Bulan peningkatan. Bulan dimana semua manusia kembali suci layaknya bayi yang beru lahir. Bulan dimana dimulainya ujian agar bisa menjaga status kesucian yang diraih setelah sebulan penuh menjalankan puasa. Jika di bulan puasa rajin ke masjid, maka bulan syawal kedepan harus lebih rajin lagi. Ya, peningkatan. Tetapi biasanya berubah kebalikannya, tradisi ke masjid dan membaca al-qur’an yang di bulan ramadhan dijalankan hampir tak pernah absen akan menjadi masa lalu. Semoga aku bisa meningkatkan atau setidaknya mempertahankan.

Gema takbir bergema dari sudut-sudut masjid. Mengumandangkan nama Allah berkali-kali. Sebagai tanda kemenangan atas usaha sebulan penuh. Atau akumulasi kegembiraan setelah satu bulan penuh menjalankan puasa. Jika di bulan ramadhan kegembiraan itu berupa datangnya waktu buka, maka malam takbiran adalah puncak kebahagiaannya.

Kembali suci. Itulah yang diharapkan setelah melalui satu bulan penuh bulan ramadhan. Setidaknya hablum minallah, dosa-dosa yang berhubungan langsung dengan Allah diampuni. Namun, itu belumlah cukup karena masih ada hablum minnas, dosa-dosa yang kita lakukan kepada orang-orang disekitar kita tak akan Allah ampuni sebelum yang bersangkutan memaafkan kesalahan kita. Oleh karena itu melalui tulisan ini, aku ingin mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon Maaf Lahir Batin”. Semoga Allah benar-benar mengampuni dosa-dosa kita dan kita bisa mendapat predikat suci. Aamiin.


Pringamba, 17 Juli 2015 00:25 WIB

You Might Also Like

0 comments: