Profesi

7:33:00 AM Mad Solihin 0 Comments

Ramadhan #20 II Juli #7

Malam rabu kemarin saya menyempatkan diri untuk pulang ke rumah. Salah satu tujuannya adalah meminta amunisi, biasa anak rantau. Hehe. Dalam perjalanan pulang itu terpikir olehku tentang profesi, tentang pekerjaan apa yang harus saya pilih nantinya setelah lulus kuliah. Waktu itu saya berpikir bahwa saya tak mau pekerjaan yang monoton dan hanya berimabas pada keluarga saja. Petani, misal. Pekerjaan itu terlalu monoton dan efek kemanfaatannya hanya untuk keluarga. Dalam lingkup kecil dan pengamatan saya seperti itu, meskipun mungkin dalam lingkup yang lebih besar juga punya andil dalam meramaikan pasar. Manfaatkah..? Tentu manfaat.

Pemikiran itu semakin kuat ketika ba’da magrib saya pergi berobat ke polindes (piliklinik kesehatan desa). Kebetulan bidan yang namanya adalah Ulfiana ada. Saya tahu nama itu dari papan nama yang terpasang di depan pintu tralis yang dibawahnya tertulisan Bidan, Ada Tidak. Sehingga orang yang mau berobat akan tahu, kalau ada maka ada kalau tidak tulisannya tidak.

Saat ditensi darah saya 100. Masih tergolong rendah karena dalam kondisi normal tensi darah biasanya antara 120-140. Ah, biarlah yang penting saya tetap sehat. Aamiin. Melihat bidan muda yang sudah mempunyai satu anak dan kalau ditaksir umur mungkin 25 atau max 27 lah, terpikir olehku mengenai profesi yang ia jalani. Kemanafaatannya jelas, melantari kesembuhan orang yang berobat ke tempatnya. Kenapa melantari, karena sejatinya bukan ia yang mengobati tetapi Allahlah yang menyembuhkan hanya saja caranya lewat perantara bidan tersebut.

Sempat terpikir tentang guru. Bukankah itu manfaatnya langsung? Tetapi entahlah biar Allah yang menentukan jalan takdir terbaik bagi saya. Meskipun kalau boleh saya memilih, saya akan memilih pekerjaan yang sesuai passion saya. Pekerjaan yang nyaman dan bisa mengembangkan bakat yang saya miliki. Menjadi jurnalis. Itulah yang sering saya katakan kepada teman-teman saat berandai mau ngapa setelah lulus kuliah. Semoga bisa terwujud.

Banjarnegara, 9 Juli 2015 7:30 WIB

You Might Also Like

0 comments: