Akhir Semester VI

2:18:00 AM Mad Solihin 0 Comments

Ramadhan #17 II Juli #4

Lagi-lagi saya tak sempet sahur. Saya terbangun ketika waktu telah menunjukan pukul 04.15 WIB yang artinya waktu imsak tinggal beberapa menit lagi. Padahal alarm hp telah saya aktifkan pukul 03.00 WIB. Mungkin karena saya tidur sudah pukul 12 malam sehingga sulit bangun seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, ketika tidur pukul 12 keatas bangun malam begitu sulit. Berbeda ketika tidur sebelum pukul 12 malam, kemungkinan bangun malam bisa terjadi. So, kalau ingin bangun malam maka tidurlah sebelum jam 12. Sebuah pesan yang saya tangkap dari pengalaman sebelumnya.

Mengetahui bahwa tak ada kesempatan untuk sahur maka saya tak segera bangkit bahkan terlelap kembali. Tahu-tahu waktu telah menunjukan pukul 06.10 WIB ketika saya terbangun kembali. #grubak. Kekagetan itu membuat saya segera bangkit menuju kamar mandi untuk wudlu guna memenuhi persyaratan sebelum saya sholat shubuh.

Hari ini adalah hari terakhir Ujian Semester VI dengan makul Sistem Evaluasi Pedidikan dan Management pendidikan. Ah, tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Semester depan saya sudah memasuki semester 7 yang artinya satu tahun lagi saya selesai, insya allah. Do’akan ya semoga Allah melencarkannya. Aamiin. 
Berpose sebelum ujian .. He (Dokpri)

Ada sebebuah kegelisahan yang menyeruak kedalam relung hatiku. Kegelisahan akan bayangan mau apa saya setelah lulus. Kerja ataukah melanjutkan S2. Ataukah memfokuskan kembali pada proyek hafalan Al-Qur’an yang selama ini terabaikan. Hmm ... Belum ada planning yang jelas. Haruskah saya mengikuti arus takdir saja. Membiarkan waktu yang menjawabnya. Entahlah. Saya hanya bisa berharap bahwa yang saya lakukan adalah yang terbaik. Bisa membahagiakan kedua orang tua dan orang-orang yang menaruh harapan pada saya. Karena merekalah sumber pijakan yang selama ini saya perjuangkan. Memperjuangkan apa yang telah mereka korbankan agar tak sia-sia.

Ujian terakhir ini cukup membuat saya bahagia. Terutama ketika ujian lisan makul Menegemen Pendidikan oleh Pak Ali Mu’tafi. Apa yang saya pelajari pada malam hari sebelum tidur tidak sia-sia. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Pak Ali saya bisa menjawabnya dengan memuaskan. Meskipun maju pertama saya cukup siap dan menjawab pertanyaan dengan lancar. Dan beruntung karena maju pertama, saya dan empat teman (Ayu Maslahah, Dwi Prihatini, Tohirin dan Restu) tidak perlu merasa bosan lantaran antri menunggu giliran maju ujian seperti teman-teman saya yang lain. Saat yang lain masih antri menunggu giliran bahkan ada yang jam 4 sore baru selesai setelah menunggu dari jam 10 pagi, saya bisa bersantai-santai di rumah Restu. Bercerita masalah katifitas sehari-hari, masalah cewek, masalah harapan kedepan dan terakhir santai bermain PS. Haha .. sebuah keuntungan maju pertama. Dan yang lebih membahagiankan lagi nilai saya cukup tinggi daripada teman-teman yang lain, yaitu 86,5. Sebuah nilai yang saya dapat karena memilih 5 pertanyaan yang mempunyai bobot 20 poin. 
Foto Saat Ujian Lisan (Dari kiri: Saya, Restu, Tohirin, Dwi P, Ayu Maslahah dan Pak Ali Mu'tafi)

Selesai ujian saya tak segera pulang ke Banjar karena sora harinya ada agenda buka bersama dengan teman-teman kelas. Awalnya saya akan menghabiskan waktu dengan pergi ke perpusda, namun karena belum jelas juga akhirnya menerima tawaran Restu untuk pergi ke rumahnya. Disanalah saya menghabisakan waktu menunggu sampai waktu magrib tiba. Waktu yang ditunggu teman-teman untuk buka bersama. Sebuah kegiatan sebagai penutup kebersamaan di semester 6. Sungguh mengasyikan.


Purbalingga, 5 Juli 2015 02:05 WIB

You Might Also Like

0 comments: