SURAT DAHLAN

11:24:00 AM Mad Solihin 1 Comments

Sumber : Google
Kamis, 25 Juni 2015 Pukul 10:31 WIB. Saya menamatkan Novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara yang saya pinjam dari Perpusda Wonosobo. Novel yang inspiratif, menggugah semangat dan penuh dengan keharuan.

Novel ini bercerita tentang kehidupan Dahlan dari masa setelah SMA sampai ia mencapai pucuk pimpinan di Jawa Post. Mulai dari kisah awal merantaunya di Samarinda, tempat kakaknya Atun telah lebih dulu merantau. Kehidupan sebagai mahasiswa dan segala hiruk pikuk kampus yang membosankan, sehingga lebih memilih banyak berada di Sekre PII (Pelajar Islam Indonesia). Kisah cinta dengan 3 wanita (Aisha, Maryati dan Nafsiah) yang membuatnya kadang merasa galau hingga keputasan memilih Nafsiah sebagai teman setia hidupnya. Kisah pernikahannya dan dikaruniai dua anak, Rully dan Isna.

Sebenarnya Novel ini adalah kelanjutan dari Novel Sepatu Dahlan dan masih bersambung lagi dengan Novel Senyum Dahlan (Trilogi Novel Inspirasi Dahlan Iskan). Namun, keduanya belum saya baca. Maklum baru berkesempatan untuk membaca novel Karya Khrisna Pambichara. Dan Tuhan menginjinkan untuk yang novel keduanya.

Banyak hal yang saya dapat ketika memacanya. Tentang Impian, Cita-Cita, Semangat, Kerja Keras, Optimis dan Cinta. Dan yang lebih membuat saya mematik semangat adalah tentang profesi Dahlan, Kuli Tinta. Profesi itulah yang saat ini sedang saya impikan. Profesi yang sering saya jadikan jawaban ketika bercerita atau ditanya mau apa setelah kuliah. Guru. Ah, saya tidak terlalu menginginkannya, meski saat ini saya jurusan yang saya ambil adalah jurusan yang akan mengantarkan saya pada gelar S.Pd.I.

“Kuliah hanya jalan, bukan tujuan.” itulah yang ada dalam benak saya sekarang. Setidaknya ketika saya kuliah saya akan mendapat banyak pengalaman untuk bekal mengarungi kehidupan yang belum jelas mau seperti apa. Bahkan, kuliahpun hanyalah teori semata yang kadang saya jengah lantaran hanya seperti anak SMA.

Yang kedua sudah selesai. Tinggal mencari yang pertama dan ketiga. Sepatu Dahlan dan Senyum Dahlan. Semoga bisa membaca ketiganya.

Sumber :
Judul                : Surat Dahlan
Penulis            : Khrisna Pabichara
Penerbit          : Noura Books (PT. Mizan Republika)
Tahun Terbit   : Cetakan I, Januari 2013
Tebal Buku      : 378 Lembar

Banjarnegara, 25 Juni 2015

You Might Also Like

1 comment: