Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

15:40:00 Mad Solihin 0 Comments

Dalam kehidupan sehari-hari sudah pasti kita meakukan interaksi atau komunikasi dengan orang lain. Karena kita adalah mahluk sosial yang tak mungkin bisa hidup sendiri tanpa ada orang lain dalam kehidupan kita. Namun saat kita menjalin komunikasi, ada sesuatu yang menghalangi seperti rasa minder dan tak ada rasa percaya diri akan eksistensi diri kita.

Disinilah masalahnya, tak ada rasa percaya diri. Sehingga proses komunikasi tak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, menumbuhkan rasa percaya diri adalah suatu yang sangat penting suna terjalinnya keberhasilan dalam berkomunikasi. Karena sikpa percaya diri akan memunculkan sikap keberanian dalam berkomunikasi dengan siapapun.

Selain itu, rasa percaya diri akan membuat seseorang manjadi mandiri, tak bergantung pada orang lain dan senantiasa optimis dalam segala tindakannya.

*** Ditulis pada tanggal 22.11.2011 ***

Pertanyaannya, bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri tersebut?

Ada dua hal yang harus kita perhatikan, yaitu memperbaiki diri dalam urusan jiwa atau batin dan dalam urusan penampilan (luar).

Dalam memperbaiki urusan jiwa ini, yang harus dibenahi pertama kali adalah pandangan kita untuk berpikir rasional bahwa manusia adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah dari asal usul yang sama, yaitu Nabi Adam dan Siti Hawa. Secara fisik, manusia juga sama-sama terdiri dari daging, darah dan tulang dan selebihnya adalah kotoran. Jika terdapat perbedaan pangkat, rumah, penampilan, itu hanyalah bersifat sementara. Dan akhir dari kehidupan manusia adalah kematian.

Selanjutnya, untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan meningkatkan pengatahuan kita agara dalam berinteraksi atau berkomunikasi bisa terjalin atau terhubung dengan baik. Pendeknya, kita harus meningkatkan kualitas diri kita dengan giat belajar, rajin membaca dan memperbanyak pengalaman.

Dalam menentukan bacaan tidaklah terbatas, karena semua buku adalah baik dan yang tidak baik adalah buku yang tidak dibaca.

Selain itu, usahakan mempunyai sebuah ketrampilan. Karena dengan ketrampilan yang ia miliki, seseorang akan percaya diri dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Misal berpidato, bernyanyi, menulis ataupun yang lainnya.

Yakinlah bahwa Allah menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia, jangankan manusia nyamuk saja bermanfaat. Namun harus diingat bahwa tak ada manusia yang sempurna tanpa ada kekurangan dan kelebihan, sehingga antara satu sama lain adalah saling melengkapi.

Kemudian setelah urusan batin terpenuhi atau teratasi, kini tinggal urusan lahir yaitu penampilan kita. Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa “Allah adalah Dzat yang Indah dan menyukai keindahan”.

Ini menganjurkan kepada kita supaya menjaga penampilan agar tetap rapi, indah dan enak dipandang. Karena selain berpengaruh pada diri sendiri, ini juga berpengaruh pada orang lain. Dimana orang lain akan nyaman berada disisi kita jika kita menjaga penampulan yang ada pada diri kita.

Ditulis pada tanggal 23.11.2011

Pringamba, 19 Juni 2015 12:38 WIB

You Might Also Like

0 comments: