Menerjang Hujan

1:00:00 PM Mad Solihin 0 Comments

Ba’da maghrib kemarin (Rabu, 12 Maret  2015) ketika hujan deras masih mengguyur bumi, saya memaksakan diri untuk menerjangnya. Saya paksakan diri untuk pergi ke Rakit sebagaimana yang telah saya ucapkan pada pagi harinya kepada Lu-lu ketika saya masih berada di Kantor Kemenag mengikuti Rapat Koordinasi dan Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS.
Ada keengganan sebenarnya, hujan deras, sudah sore dan harus mengeluarkan bensin tentunya. Jika bukan karena ingin berkhidmat memperjuangkan IPNU mungkin saya lebih baik memilih bersantai di rumah tanpa memikirkan orang lain. Namun, amanah menjadi ketua membuat saya merasa bahwa saya harus bergerak, prihatin dan mengalah. Ketika pengurus lain mungkin masih sibuk dengan dunianya sendiri, saya harus bergerak melakukan sesuatu yang tak dilakukan oleh pengurus yang lain. Dan itu wajib hukumnya  bagi seorang pemimpin jika ingin organisasi yang dipimpin ingin maju.
Dan sore itu, dengan niat untuk berlatih menepati janji sesuai apa yang telah saya ucapkan juga sebagai salah satu bentuk memberikan teladan, ibda’ binafsii. Memulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Tidak hanya lisan yang mengeluaran ucapan sampai berbusa-busa, namun membuktikan dengan tindakan nyata. Dan itu bukan pertama kalinya saya harus menerjang derasnya air hujan, bahkan berkali-kali.
Akan tetapi ada rasa kepuasan tersendiri, belajar untuk menikmati hujan, bersabar dan tentunya menjadikan sebagai sebuah kenangan.
Sabagaimana pada hari-hari yang lalu, kegiatan yang selama ini ada dan terealisasi adalah hasil dari obrolan ringan antara saya dengan teman-teman di Rakit. Dan malam ini sebuah obrolan mengenai gambaran tentang Diklatama II, Tindak Lanjut pasca Diklatama II dan beberapa permasalahan IPNU yang kini menyelimuti menjadi bahan topik pembicaraan. Dan karena saking asyiknya tak terasa sudah jam 1 lebih, bersama dengan Adnan, Fikri dan Lu-lu di sebuah kamar berukuran 3,5 x 3 M lantai 2.

Rakit (Banjarnegara), 13 Maret 2015

You Might Also Like

0 comments: