Sekolah itu Penjara

10:35:00 PM Mad Solihin 0 Comments

Sore itu di beranda gedung hijau lantai dua, duduklah dua orang sahabat dengan ditemani segelas kopi dan sebungkus rokok filter. Terlihat kepulan asap keluar dari mulut keduanya ketika rokok yang ada di tangannya di hisap penuh kenikmatan.
Dalam keasyikannya menikmati pemandangan sore, Dudung membuka percakapan dengan bertanya kepada kepada Adit yang ada di sampingnya.
“Dit, saya kok merasa geram dan jengah dengan pendidikan yang ada di Indonesia. Sekolah itu seolah seperti penjara,” katanya sambil melemparkan pandangan ke langit.
Penjara? Maksud kamu Dung?” sergah Adit seketika.
“Gini lho Dit,” terhenti oleh seruputan kopi hitam yang agak kepahit-pahitan. “Penjara, kamu tahu kan? Di penjara itu semua tahanan di kurung dan gak bisa kabur. Jika mencoba kabur, siap-siap saja peluru penjaga akan memburu bagian tubuh tahanan” lanjutnya.
“Semua itu si tahu, bahkan bayi juga tahu” jawab Adit enteng. “Terus apa hubungannya sekolah dengan penjara?” tanyanya belum paham dengan alur pemikiran Dudung.
Kamu merasa gak si selama ini sekolah itu melakukan kita layaknya tahanan. Coba saja kamu pikir, kita di sekolah di jejali aturan mulai dari masuk sekolah, seragam, bahkan dalam pembelajaranpun begitu. Ketika tidak mematuhi siap-siap saja kena point, atau ketika kita tidak mengerjakan tugas siap-siap saja nilai tak keluar. Bukankah itu seperti penjara?” jalas Dudung kepada Adit.
Adit tak menanggapi lagi apa yang di ucapkan oleh Dudung. Ia hanya diam dan sesekali menggaruk-garuk kepala seolah sedang mencerna apa yang dipikirkan oleh Dudung.

Banjarnegara, 02 Nopember 2014

You Might Also Like

0 comments: