Bermalam di Asy-syuja’iyah

16:22:00 Mad Solihin 0 Comments

Haflah PPTQ Al-Asy'ariyah
Hawa dingin serasa menusuk ke pori-pori kulit ketika aku terbangun dari tidur. Hawa dingin yang khas karena memang seperti itulah keadaannya dan itu sudah terkenal di mana-mana bahwa Wonosobo udaranya dingin. Ya, malam ini aku bermalam di Pon-pes Asy-syuja’iyah Munggang, Wonosobo. Pondok dimana salah seorang temanku yang bernama Miftahudin (teman semasa pondok dulu) berada di sini sehingga aku merasa santai dan bisa mampir sewaktu-waktu aku mau.
Aku merasa mengulang masa awal masuk kuliah, yaitu saat dimana aku mengikuti ospek dan kerena jadwal harus pagi maka tak mungkin aku berangkat dari Sigaluh, sehingga aku memilih untuk menginap di pondok Asy-Syuja’iyah ini. Dan masih segar dalam ingatan, aku berangkat malam-malam sekitar pukul 12. Berbeda kali ini, aku menginap karena ingin menyaksikan acara Haflah Pon-pes Asy’ariyah yang ke 37 dan Haul Mbah Muntaha yang ke 10. Selain itu, perkuliahan hari senin yang hanya satu makul dan baru selesai pukul 15. WIB tak mungkin aku pulang dulu ke Banjarnegara kemudian nanti malam ke Kalibeber lagi. Maka saya memilih pondok Asy-Syuja’iyah untuk tempat istirahat sebelum nantinya mengunjungi acara Haflah.
Acara Haflah yang tepat dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram ini berlangsung begitu ramai. Pengunjung datang dari berbagai daerah sesuai dengan alamat santri yang mondok di sana. Tatanan dekorasi yang unik dan telah di sesaki oleh santri dengan posisi layaknya tangga terlihat begitu rapi. Belum lagi dandanan setiap santri yang ada di panggung, mereka terlihat seragam dan menambah kemeriahan acara.
Lantunan ayat suci al-qur’an dari para khotimin bil ghoib menggema di berbagai ruangan ketika aku sampai tempat acara. Pemandangan yang membuat orang tua menjadi bangga dan pasti menginginkan anaknya seperti itu saat melihatnya. Dan aku hanya bisa mengangan-angan adakah kesempatan untuk melanjutkan dan menyelesaikannya? Entahlah, biarlah waktu yang menjawabnya.

Wonosobo, 04 Nopember 2014

You Might Also Like

0 comments: