Takdir Tuhan Tak Pernah Salah

12:39:00 AM Mad Solihin 0 Comments

Semenjak aku tahu apa yang sebenarnya terjadi, aku mulai malas untuk tetap berada di tempat yang sama. Kejadian yang menimpa temanku telah membuat aku sedikit ragu, ditambah dengan kejadian yang menimpa adikku. Lebih membuat diriku untuk berpikir ulang, kenapa bisa seperti ini? Akankah ia juga sama dengannya?
Posisiku sebagai seorang yang dalam tradisi begitu lemah membuatku merasa tak berdaya walaupun hatiku sering membrontak. Seolah ia adalah serang raja yang kata-katanya harus dan wajib dituruti. Memang dulu ada anggapan seperti itu, namun kapasitas dan kualitas jika dibandingkan dengan yang dulu, aku merasa jauh berbeda.
Akupun kadang berpikir apakah ini jalan takdirku. Tuhan tak pernah salah dengan ketentaun takdir-Nya. Namun akupun bingung ketika harus berpikir ulang mengenai mereka yang dalam takdir ditentukan sebagai seorang Yahudi, Kafir ataupun sebagai orang yang enggan berbuat kebaikan. Apakah mereka salah jikalau memang seperti itulah takdir mereka? Wallahu a’lam.
Berbicara mengenai takdir, menarik untuk kita renungkan sebuah gagasan atau pendapat bahwa ada tiga golongan yang mereka membahas tentang takdir. Yang pertama begitu pasrah total dengan namanya takdir, jadi apa yang dilakukan manusia tidaklah berguna karena segala sesuatu telah ada yang memprogramnya. Yang kedua berbanding terbalik dengan yang pertama, ia begitu percaya dengan kekuatan yang ada dalam diri manusia. Tak ada unsur takdir Tuhan didalamnya. Segala sesuatu tergantung manusianya. Kemudian yang ketiga adalah mereka yang memperayai adanya takdir, namun mempercayai juga bahwa manusia itu butuh ikhtiar dalam melakukan segala sesuatu. Tidak pasrah total, tetapi tidak juga begitu menyakini bahwa segala sesuatu terjadi atas kekuatan diri manusia itu sendiri.

Senin, 03 Februari 2014

You Might Also Like

0 comments: