Alasan Kenapa Hidup Harus Kaya

07:01:00 Mad Solihin 0 Comments

Hidup di zaman sekarang haruslah menjadi orang kaya ketika kita ingin bermanfaat dan berbuat banyak bagi orang lain. Alasannya cukup simpel, bahwa zaman sekarang tanpa uang sulit untuk berbuat apa-apa walaupun memang uang bukanlah segala-galanya.
Contoh kecil, ketika kita tak punya uang untuk memberi kepada pengemis patilah tidak bisa.
Begitupun dengan apa yang saya alami. Saya mempunyai keluarga yang hidup berkecukupan yang setidak-tidaknya bisa untuk membiayai pendidikanku, walaupun kadang harus meminjam kepada tetangga saat masa paceklik. Dalam imajinasiku, saya mempunyai pemikiran untuk membantu saudara-saudaraku dari keturunan orang tua ibuku yang kebanyakan dari mereka putus sekolah lantaran tak ada biaya. Hanya saja bagaimana caranya, uang saku saya sendiri juga pas-pasan. Bahkan untuk membeli buku saja harus ada pengorbanan untuk rela tdak jajan. Bingung deh.
Tak hanya itu, di desa yang saya tempati, saya juga mempunyai keinginan untuk membantu mereka yang putus sekolah lantaran biaya. Sebuah rasa kepedulian yang tumbuh dalam diriku atas terpaan pengalaman ikut organisasi yang disana ada sebuah komitmen untuk membantu sesama atau bahasa sederhananya kepedulian sosial. Dan lagi-lagi itu hanya baru sebauah harapan karena memang perekonomianku belum mapan bahkan masih mengemis kepada orang tua. Tambah bingung deh.
Oleh karena itu, menjadi kaya adalah salah satu kewajiban bagi manusia karena (dalam islam, red) untuk bisa haji juga harus kaya dulu, kalau tidak, tidak mungkinkan bisa naik haji. Ataupun sebagai pelajar, bagaimana mau punya ilmu yang banyak ketika tak pernah membaca, dan bagaiamana mau memabaca buku saja tak punya, dan bagaimana bisa beli buku jika uang saja tak punya.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menuhankan uang, akan tetapi untuk mengingatkan bahwa hidup harus kaya jika ingin berbuat banyak bagi sesama. Demikian, semoga bermanfaat. 

You Might Also Like

0 comments: